Kembalikan Keagungan Masa Lalu, Nippon Paint Revitalisasi Istana Maimun Medan

Jafar
Kembalikan Keagungan Masa Lalu, Nippon Paint Revitalisasi Istana Maimun Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Istana Maimun, yang telah berdiri selama ratusan tahun, tetap memancarkan kejayaan Kesultanan Deli dengan warna kuning keemasaan khas Melayu. Dalam program revitalisasi yang dimulai sejak Juni 2024, bangunan bersejarah ini kembali elok berkat sentuhan warna baru.

Dalam kontribusi untuk memperbaharui bangunan bersejarah rancangan arsitek berkebangsaan Belanda, Theodore van Erp, Kapten Koninklijk Nederlands - Indische Leger (KNIL), kini kian elok setelah dilakukan program revitalisasi sejak Juni 2024.

Nippon Paint Indonesia bekerja sama dengan Bank Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) #ColouringLives. Melalui program ini, Nippon Paint menyumbangkan 1.562 liter cat beserta alat pengecatan untuk melapisi kembali Istana Maimun yang memiliki luas bangunan sebesar 772 m2.

Salah satu produk yang digunakan adalah Weatherbond Max, cat premium eksterior dengan Teknologi Quartz yang tahan terhadap cuaca ekstrim tropis. Weatherbond Max juga memiliki fitur self-cleaning untuk menjaga kebersihan bangunan dari debu dan kotoran. Dengan Teknologi Reologi Optimal, hasil pengecatan akan memiliki daya tutup maksimal, lapisan yang merata, serta warna yang cerah dan hidup.

Pengecatan ulang ini akan membawa kembali keindahan istana yang megah dan mewah. Beberapa warna yang digunakan antara lain putih (Peaceful White - NP OW 1009), hijau (Green Feathers - NP AC 2105 A), kuning (Circus Top - NP YO 1134 A), dan merah (Red Martini - NP AC 2073 A). Warna dan arsitektur Istana Maimun terinspirasi dari berbagai budaya seperti Belanda, Persia, dan Italia, namun tetap mempertahankan ciri khas Melayu Deli dengan warna kuning keemasannya.

Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’moen Al-Rasyid, T. Reizan Ivansyah selaku pengelola Istana Maimun, mengatakan, Istana yang mulai dibangun sejak tahun 1888 hingga 1891 ini masih mempertahankan berbagai furnitur asli sejak awal bangunan berdiri. 

"Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi warna pada dinding bangunan mulai memudar. Sehingga perlu untuk diperbarui untuk menjaga kondisi bangunan yang bersejarah ini," katanya, Jumat (9/8/2024).

T. Reizan Ivansyah juga mengapresiasi kontribusi Nippon Paint dan Bank Indonesia dalam memperbaharui istana tersebut.

"Dalam kolaborasi dengan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Nippon Paint dan Bank Indonesia ingin melestarikan bangunan ikonis ini sebagai kebanggaan Kota Medan," ucapnya.

Sementara itu, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, Mark Liew mengatakan bahwa Program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives yang dilakukan oleh Nippon Paint sendiri telah berlangsung sejak tahun 2022 dengan fokus pelestarian dan pengembangan bangunan bersejarah di Indonesia.

"Sejalan dengan kampanye #BestInClass dimana Nippon Paint hadir untuk mempersembahkan cat terbaik di kelasnya dengan kualitas tanpa kompromi, maka kami gunakan serangkaian produk #BestInClass, salah satunya yaitu Weatherbond Max dalam pelestarian dan pengembangan bangunan ikonis di Indonesia ini," terangnya.

Dengan dukungan dari Nippon Paint, harapannya istana ini akan tetap terjaga dan menjadi aset bangsa yang lestari. Program CSR ini menggambarkan komitmen Nippon Paint dalam memberikan kontribusi positif bagi pelestarian bangunan bersejarah di Indonesia.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network