Temu Pendidik Nusantara XI Sentuh Kebutuhan Belajar Guru di Sumut, Ini Harapan KGBN Kota Medan

Amril Pane
Temu Pendidik Nusantara XI Sentuh Kebutuhan Belajar Guru di Sumut, Ini Harapan KGBN Kota Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Temu Pendidik Nusantara XI dengan tema "Pemimpin Pendidikan yang Berdaya" sukses digelar di Aula SMKN 7 Medan, Jalan STM, Kota Medan, Sumut, pada Minggu (14/7/2024).

"Kami berharap acara ini bisa menjadi wadah berbagi pengalaman belajar baik kepada ekosistem sekolah yang ada di Sumut," ujar Koordinator Temu Pendidik Nusantara XI, Aisyah.

Aisyah menambahkan bahwa perhelatan yang diinisiasi oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kota Medan ini turut melibatkan berbagai stakeholder di Sumut.

Di, antaranya Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Kota Medan, dan komunitas-komunitas guru belajar.

Kemudian, acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti penyerahan beasiswa, talkshow, kelas penggerak, kelas pendidik, serta cerdas cermat guru dan acara hiburan.

Aisyah juga menyampaikan bahwa kesuksesan acara ini tidak terlepas dari tantangan yang dihadapi oleh para penyelenggara Temu Pendidik Nusantara XI.

"Waktu menjadi tantangan tersendiri untuk kami menyiapkan acara ini karena kesibukan kami sebagai guru," jelas Aisyah.

Ketua KGBN Kota Medan, Mahniar Sinaga, berharap tujuan kegiatan Temu Pendidik Nusantara XI dapat terwujud. Mengingat, dari 11 kali perhelatan, Medan sudah mendapatkan kesempatan sebanyak 4 kali menjadi tuan rumah.

"Tujuan kegiatan ini ingin menyentuh kebutuhan belajar guru agar mereka bisa beradaptasi dengan praktik pembelajaran yang diselenggarakan melalui kelas pendidik dan kelas penggerak," ujar Mahniar Sinaga.

Kelas pendidik dan penggerak hadir untuk menyebarluaskan pengalaman praktik baik kepada guru-guru atau peserta Temu Pendidik Nusantara XI agar dapat diadaptasi serta diaplikasikan dalam mendesain sebuah pembelajaran kepada siswa-siswi agar kebutuhan pembelajaran diferensiasi dapat terwujud.

"Sehingga akan menjadi siswa pemimpin pendidikan yang berdaya sesuai dengan jargon merdeka belajar, bagaimana guru mampu melahirkan siswa-siswi yang menjadi pemimpin di masa depan," terang Mahniar Sinaga.

Sementara itu, Kepala BBGP Provinsi Sumatera Utara, Joko Ahmad Julifan, mengapresiasi terlaksananya kegiatan Temu Pendidik Nusantara XI Medan.

"Saya mengapresiasi kegiatan Temu Pendidik Nusantara XI yang dilaksanakan KGBN Kota Medan beserta lainnya. Karena, kegiatan ini turut mendorong bagaimana kita dapat mengembangkan dan memberdayakan para guru dan tenaga kependidikan," ujar Joko Ahmad Julifan.

Lebih lanjut, Joko Ahmad Julifan berharap kegiatan Temu Pendidik Nusantara XI ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui komunitas belajar.

"Kenapa komunitas belajar kita dorong, harapannya kawan-kawan dapat bergerak bersama, belajar bersama, berkolaborasai secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa," tutup Joko Ahmad Julifan.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network