Kisah Sukses Brownies Buatan Delievia, Berawal Dari Resep Ibu Hingga Menembus Pasar Internasional

Ismail
Kisah Sukses Brownies Buatan Delievia, Berawal Dari Resep Ibu Hingga Menembus Pasar Internasional. (Instagram Varian Brownies)

MEDAN, iNewsMedan.id- Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk dari kue buatan ibu sendiri. Kalau dirasa kue itu enak, jangan hanya dinikmati sendiri, coba dibagi ke teman-teman, siapa tahu bisa jadi peluang bisnis. 

Seperti yang dilakukan pengusaha muda, Delievia Ramadhani (23). Berawal dari rasa kagum terhadap kelezatan brownies kukus buatan ibunya, Delievia memutuskan untuk menjual kue tersebut kepada teman-temannya saat masih duduk di bangku kelas XII SMA pada tahun 2017. 

Untuk menarik minat, awalnya Delievia membagikan 40 potong tester brownies ke teman sekolahnya. Hasilnya, kelezatan kue ibunya disukai oleh teman-temannya. 

"Semuanya memuji brownies buatan mama Delievia, hingga keesokan harinya saya langsung menjual brownies tersebut dengan harga 2.000/potong dengan tiga pilihan topping: keju, oreo, dan choco chips," kenang Delievia saat diwawancarai wartawan, Selasa (18/6/2024). 

Selain teman-temannya, guru-guru Delievia kala itu juga turut membeli brownies buatan ibunya. Melihat potensi pembeli yang luas, Delievia memutuskan untuk memasarkannya lewat Instagram dengan akun bisnis @varianbrownies. Dari sinilah petualangan bisnis brownies Delievia dimulai. 

"Alhamdulillah dari postingan produk di Instagram, berhasil menjangkau customer yang pada saat itu, bukan lagi hanya anak sekolah tetapi ibu-ibu kantoran juga beli bahkan berlangganan di Varian Brownies," ujar alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ini. 

Untuk mengembangkan bisnis Varian Brownies, Delievia mengikuti beberapa kelas strategi bisnis dan pengembangan produk sebagai modal pengembangan dirinya. Salah satu menu best seller-nya adalah dessert box atau brownies alpukat. Pemesannya bukan hanya mahasiswa baru, tetapi juga dosen dan siswa pasca sarjana di USU. 

"Dengan kehadiran menu ini, omset meningkat. Sehari, saya membawa lebih dari 100 dessert box yang sudah dipesan melalui Instagram dan WhatsApp," ujarnya. 


Kisah Sukses Brownies Buatan Delievia, Berawal Dari Resep Ibu Hingga Menembus Pasar Internasional. (Instagram Varian Brownies)

Selain penguatan di kualitas produk, Delievia juga melakukan penguatan di bidang digital marketing dengan menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan caption di media sosial. 

Ternyata, postingan ini menjadi daya tarik tersendiri. Brownies buatan Delievia diminati dari Malaysia hingga Singapura. 

"Varian Brownies mendapatkan banyak pesanan lainnya, dan jangkauannya bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi juga berhasil menjangkau sampai ke Malaysia dan Singapura," ujarnya. 

Meski Varian Brownies kini menjadi primadona, keberhasilan Delievia membangun usahanya tidak terjadi secara instan. Sejak tahun 2017, ia jatuh bangun membangun usahanya, bahkan sempat terpuruk saat COVID-19 melanda tahun 2020. Namun, ia tidak menyerah dan justru menjadikan tantangan tersebut sebagai pemicu untuk bangkit. 

Demi bertahan, ia menciptakan menu baru bernama Brownies Lumer dan memberikan diskon 50% biaya ongkos kirim untuk pelanggannya. 

"Misal ongkos kirim 20.000, pelanggan hanya perlu membayar 10.000 dan 10.000 lagi dibayar oleh saya. Hal ini dilakukan agar meningkatkan penjualan dan teman-teman dapat mencoba browniesnya," ujarnya. 

Mental tangguh Delievia tidak terbentuk begitu saja. Sejak kelas 4 SD, ia sudah menunjukkan minat di dunia bisnis dengan menjual peralatan tulis yang diberikan oleh ayahnya. Saat SMP, ia membantu kakak kelasnya menjual coklat dan jepitan rambut melalui BBM. 

Di tahun 2017, ia konsisten mengembangkan usaha varian brownies. Menurutnya, keuletan usaha ini telah dipupuk sejak kecil, dengan orang tua sebagai inspirasinya. 

Kini, Delievia bekerja sama dengan adiknya, Delviyani Widya Lestari (21), membuat brand baru bernama Del Kuki (Instagram: @delkuki_id) yang menjual cookies kekinian dengan harga mulai dari 50 ribuan. 


Kisah Sukses Brownies Buatan Delievia, Berawal Dari Resep Ibu Hingga Menembus Pasar Internasional. (Instagram Varian Brownies)

Delievia menekankan bahwa ia akan terus berinovasi untuk mengembangkan produknya dan berharap bisnis ini memberikan dampak positif bagi komunitas lokal maupun global. 

"Saya ingin menjadi teladan bagi generasi mendatang dalam menjalankan bisnis dengan integritas dan tanggung jawab sosial yang tinggi," harapnya.

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network