Apindo Sumut Gelar Literasi dan Inklusi Keuangan bersama PT Ciptadana Asset Management

Jafar
DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Sumatera Utara gelar literasi dan iklusi keuangan di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa, Medan. (Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan bertajuk "Menuju Indonesia Maju Melalui Literasi dan Inklusi Keuangan” di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa, Medan, Sumatra Utara, Kamis (30/5/2024).

Kegiatan ini diisi dengan serangkaian diskusi mengenai peluang pengembangan usaha dan keuangan. Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan ke empat yang sebelumnya sempat dilaksanakan pada 26 Januari 2024 di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghadirkan pelaku usaha, investor dan akademisi. 

Diskusi kali ini di dukung oleh BEI Kantor Perwakilan Sumatera Utara, dengan sponsor dari PT Ciptadana Asset Management, yang bekerja sama dengan pelaku Jasa Keuangan lainnya, yaitu Nationalnobu Bank Cabang Kota Medan, Hanwha Life Insurance Indonesia serta Trimegah Sekuritas. 

Berdasarkan data dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada situs ojk.go.id di tahun 2022 untuk Sumatera Utara tingkat literasi dan inklusi keuangan berada pada angka 51.69 persen dan 95.58 persen, dimana lebih tinggi dibanding tingkat literasi dan inklusi keuangan nasional yang berada pada angka 49.68 persen dan 85.10 persen. 

Meskipun lebih tinggi dari tingkat nasional, namun selisih angka persentase literasi dan inklusi keuangan yang terjadi masih cukup besar menunjukan bahwa masyarakat Indonesia, termasuk wilayah Sumatera Utara belum memiliki pemahaman yang memadai mengenai karakteristik dan peraturan berbagai produk serta layanan di sektor jasa keuangan yang mereka miliki. 

Sesuai yang disampaikan oleh Presiden Jokowi agar pasar modal bisa diakses oleh para pelaku bisnis di seluruh daerah di Indonesia.

Dr. Haposan Siallagan selaku ketua APINDO DPP Sumatera Utara menyampaikan, komite pasar modal APINDO yang dipimpin oleh Gunawan Tjokro akan menjadi partner OJK dan BEI bersama stakeholder lainnya.

Sebagai upaya untuk mendorong dan mensosialisasikan ke perusahaan-perusahaan anggota APINDO di daerah agar bisa mengakses pasar modal, alternatif financing untuk pengembangan usaha mereka. 

Komite pasar modal di APINDO adalah bagian dari bidang BKMJK (Bidang Kebijakan Moneter dan Jasa Keuangan) yang dipimpin oleh Tigor Siahaan. 

Visi Apindo adalah mengembangkan hubungan industrial yang harmonis dan produktif, melindungi, membela dan memberdayakan seluruh pelaku usaha, berperan aktif dalam meningkatkan investasi, dan berperan aktif dalam proses penyusunan kebijakan pemerintah.

"Sejalan dengan visi dan misi APINDO ini, kami bermaksud untuk dapat mengembangkan pengetahuan dari pelaku usaha, termasuk UMKM agar dapat mengembangkan usahanya melalui pendanaan melalui IPO dan KUR," ujar Haposan.

Selain itu dikatakannya, Apindo juga bermaksud meningkatkan pengetahuannya mengenai investasi keuangan dan perlindungan asuransi. 

"Untuk itu acara Menuju Indonesia Maju Melalui Literasi dan Inklusi Keuangan yang diadakan di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa ini merupakan salah satu bukti peran aktif kami dalam mendukung para pelaku usaha agar dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Editor : Chris

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network