Berkaca dari Kasus Dorman Borisman, Penyakit Komplikasi Berdampak pada Amputasi Kaki

Devi Pattricia
Aktor lawas Dorman Borisman dikabarkan mengidap penyakit komplikasi. Hal ini membuat salah satu kakinya harus segera diamputasi. Foto: Dok

MEDAN, iNewsMedan.id - Aktor lawas Dorman Borisman dikabarkan mengidap penyakit komplikasi. Hal ini membuat salah satu kakinya harus segera diamputasi. 

Dikabarkan aktor 73 tahun itu harus menjalani prosedur amputasi kaki pada hari ini, Selasa (30/4/2024) pukul 11.00 WIB tadi. Sebelumnya, Dorman Borisman juga sempat mengalami stroke dan terdapat gangguan pada ingatannya. 

BACA JUGA: Aktor Lawas Dorman Borisman Jalani Amputasi Kaki Kanan, Komplikasi Diabetes, Stroke, Leukemia

Melansir dari berbagai sumber, komplikasi menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diidap oleh kelompok usia lanjut. Seiring bertambahnya organ-organ yang ada di dalam tubuh pun akan mengalami penurunan kinerja. Maka tak jarang mereka yang sudah usia lanjut kerap dihantui dengan penyakit komplikasi akibat kondisi kesehatan yang sudah tidak optimal dan gaya hidup.

Sebagian besar penyakit komplikasi disebabkan oleh gen dan juga faktor lingkungan. Apabila penyakitnya disebabkan oleh gen, maka bisa terlihat dan ditemukan riwayat penyakit yang diturunkan dari keluarga. Adapun beberapa jenis penyakit komplikasi yaitu penyakit jantung, diabetes, multiple sclerosis, penyakit Parkinson, osteoporosis, glaukoma, radang sendi, stroke, hingga kanker.

BACA JUGA: Hari Ini Aktor Senior Indonesia Dorman Borisman Jalani Amputasi Kaki

Namun terdapat beberapa penyakit komplikasi tertentu yang bisa berujung pada amputasi kaki. Amputasi menjadi salah satu prosedur medis yang dilakukan untuk menghindari bagian tubuh lain dari kerusakan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network