5 Tips Liburan ke Turki, Turis Pemula Wajib Tahu

Melati Pratiwi
Masjid Hagia Sophia. (Foto: Okezone.com/Alan Pamungkas)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Turki merupakan salah satu negara yang kerap dikunjungi turis dari berbagai negara di dunia. 

Warga Indonesia pun sering kali menjadikan Turki sebagai sasaran destinasi wisata. Segala pesona Turki memang menarik dan bikin siapa pun rindu untuk kembali. Tapi, untuk Anda yang baru pertama kali hendak menjajaki Turki, ada beberapa yang wajib dicatat agar kantong tidak jebol!

Melansir dari dailymail, seorang TikToker membagikan tips bermanfaat agar turis terhindar dari penipuan. Jangan sampai kantong terkuras! Dirangkum pada Sabtu (9/9/2023).

1. Selalu Membayar dengan Mata Uang Turki

Seorang ibu muda berusia 26 tahun bernama Aliyah Adam telah melakukan perjalanan ke berbagai negara mulai dari Ibiza, Amsterdam, Barcelona, Qatar, termasuk juga Turki. Aliyah yang sudah terbiasa wara-wiri ini kemudian mengingatkan kepada warga TikTok jangan sampai terkena penipuan. Salah satu caranya, selalu gunakan Lira, mata uang Turki ketika membayar apa pun. Menurut Aliyah, banyak penduduk Turki yang mencoba menagih dalam euro dan dolar dalam jumlah jauh lebih besar. Agar tidak terkecoh, bayar lah sesuai harga barang dalam mata uang Lira.

2. Gunakan Taksi Dengan Argo

Waspadalah jika hendak bepergian menggunakan taksi di Turki. Pastikan Anda menumpangi taksi yang memiliki argo, guna menghindari tarif berlebihan. Dikhawatirkan, taksi tua bisa 'menggetok' harga jauh lebih mahal daripada taksi berargo.

3. Hati-Hati Barang Palsu

Barang imitasi yang diklaim sebagai barang asli bukan cuma ada di Indonesia, tetapi juga Turki. Aliyah mengingatkan, jangan pernah membeli barang dengan brand ternama, kecuali sedang berada di dalam mal. Seseorang mungkin akan tergiur harga miring untuk tas Louis Vuitton. Padahal, tak menutup kemungkinan itu merupakan barang palsu.

4. Harga di Grand Bazaar Tidak Semurah Itu

Turis umumnya akan tertarik untuk mengunjungi Grand Bazaar, karena digadang-gadang sebagai pasar tertutup dan tertua di Istanbul. Tapi yang perlu dipertimbangkan adalah, harga barang di sana tidak semurah itu. "Ini adalah objek wisata jadi harganya sangat mahal, pastikan Anda pergi ke jalan-jalan dalam untuk mencoba dan mendapatkan penawaran yang sangat bagus," ujar Aliyah Adam.

5. Atasi Kendala Bahasa

Kendala bahasa kerap menjadi masalah turis ketika berkunjung ke negara asing. Mau tidak mau, Anda harus berhadapan dengan ini agar tidak mudah dibohongi. Salah satu caranya, memanfaatkan aplikasi Google Translate guna memperjelas situasi jika terkendala bahasa.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Tips Liburan ke Turki bagi Pemula, Catat Hal Penting Ini agar Kantong Tidak Jebol

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network