Zonasi PKL Wujudkan Trantibum, Estetika Kota dan Peningkatan Ekonomi

Jafar
Wali Kota Medan, Bobby Nasution. (Foto: Dok Pemko Medan)

Dengan penetapan zonasi yang tepat, bilang Rahmat, PKL diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi UMKM unggulan yang menciptakan lapangan kerja baru.

“Selain itu, zonasi PKL juga bertujuan agar tidak mengganggu estetika dan kebersihan kota, serta meningkatkan harkat dan martabat masyarakat,” paparnya seraya menambahkan zonasi yang dilakukan diharapkan juga dapat membantu mengurangi angka kriminalitas di Kota Medan.

Selanjutnya, Rahmat mengungkapkan, Pemko Medan juga tengah membahas rencana pengembangan Jalan Nibung Raya menjadi salah satu zonasi PKL. “Langkah ini diambil guna mendukung program "The Kitchen of Asia" yang digagas Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Dengan zonasi ini, Jalan Nibung Raya akan dijadikan sebagai tempat hangout baru bagi masyarakat Kota Medan” terangnya.

Guna mewujudkan rencana tersebut, ujar Rahmat, tentunya penting menciptakan trantibum, salah satunya melalui penataan PKL.

Diakuinya, upaya penataan PKL tidak mudah. Namun, Rahmat optimis hal itu dapat diwujudkan seperti penataan PKL di Yogyakarta. 

“Yogyakarta berhasil mengatasi penataan PKL dengan kesabaran dan kerja sama bersama stakeholder, termasuk TNI dan Polri. Disamping itu, melalui edukasi dan pembinaan kepada paguyuban PKL, Pemko Medan berupaya untuk memberikan sentuhan kepada PKL sehingga mereka dapat merasa diakui dan memiliki kenyamanan dalam beraktivitas perekonomian,” ujarnya.
 
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Wali Kota Medan guna menciptakan kondisi yang lebih kondusif, Rahmat meyakini bahwa kolaborasi dengan semua pihak menjadi kunci keberhasilan.

Dikatakannya, semangat kebersamaan dan kolaborasi antar instansi, termasuk seluruh komponen masyarakat, akan membawa Kota Medan menuju tata kota yang lebih teratur dan sejahtera secara ekonomi.

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network