MEDAN, iNewsMedan.id - Bauran pemasaran digital merupakan strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk maupun jasa kepada pelanggan. Bauran pemasaran digital memiliki 7 elemen di antaranya, Product, Price, Promotion, Place, People, Physical evidence dan Process.
1. Product merupakan Segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan ke pasar baik berupa produk fisik atau layanan untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Suatu produk juga harus memperhatikan beberapa aspek penting di antaranya:
a. Design: Proses untuk menciptakan bentuk sebuah produk yang dapat diterima dan diminati secara luas oleh pelanggan
b. Kualitas: kemampuan produk dalam melakukan fungsi-fungsinya, kemampuan itu meliputi daya tahan, kehandalan, ketelitian, yang diperoleh dari produk
c. Teknologi: ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin (produk) yang diciptakan untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan sehari-hari.
d. Branding: identitas unik agar sebuah merek atau sosok terlihat berbeda dari merek lain, sehingga menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.
e. Kegunaan dan fungsi: kemampuan dari barang itu untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan manusia.
f. Kemasan: Kemasan adalah wadah pelindung suatu produk yang menjadi identitas produk dan digunakan untuk meningkatkan nilai jual.
Digital Value merupakan nilai bisnis atau nilai ekonomi yang dihasilkan melalui digitalisasi adapun cara meningkatkan Nilai Produk dapat dilakukan dengan cara menawarkan kualitas produk yang lebih baik dari pesaing dengan harga yang sama, meningkatkan layanan pelanggan dengan mudah dihubungi, ramah, tanggap, dan memberikan solusi, dan meningkatkan kenyamanan yang ditawarkan misalnya menyediakan banyak metode pembayaran.
Kredibilitas Produk dan Layanan Berkualitas
a. Tawaran produk yang berkualitas, Saat mengunggah produk baru di toko online, Anda dapat menambahkan gambar dan video yang mampu menampilkan manfaat, deskripsi, fitur produk secara detail
b. Selesaikan masalah pelanggan, Dengan melihat testimoni, review, atau komentar positif tentang produk Anda, tentu konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk
c. Hilangkan Kekhawatiran Konsumen dengan Menawarkan Garansi
d. Memberikan program khusus bagi pelanggan setia
e. Memberikan reward dan hadiah kepada pelanggan
f. Buat bisnis lebih mudah dikenal dengan media sosial
g. Berkolaborasi dengan influencer yang tepat
2. Price, Harga merupakan unsur bauran pemasaran yang paling fleksibel dan dapat diubah dengan cepat. Menurut Kotler harga adalah sejumlah uang yang dibebankan ke suatu produk atau layanan jasa. Artinya, harga adalah jumlah nilai yang harus dibayar konsumen demi memiliki atau mendapatkan keuntungan dari sebuah produk barang atau jasa. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan harga juga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat fleksible, artinya dapat diubah dengan cepat.
Tujuan Penetapan Harga
Tujuan penetapan harga memiliki implikasi penting terhadap strategi bersaing perusahaan. Adapun tujuan penetapan harga terdiri atas 5 yaitu:
a. Tujuan Berorientasi pada Laba, yaitu untuk menghasilkan laba semaksimal mungkin.
b. Tujuan Berorientasi pada Volume. Dimana Harga ditetapkan sedemikian rupa agar dapat mencapai target volume penjualan.
c. Tujuan Berorientasi pada Citra Perusahaan. Dimana perusahaan dapat menetapkan harga tinggi untuk membentuk atau mempertahankan citra prestisius.
d. Tujuan Stabilisasi Harga. Tujuan stabilisasi dilakukan dengan jalan menetapkan harga untuk mempertahankan hubungan yang stabil antara harga suatu perusahaan dan harga pemimpin industri.
e. Tujuan-tujuan Lainnya Harga dapat ditetapkan dengan tujuan mencegah masuknya pesaing, mempertahankan loyalitas konsumen, mendukung penjualan ulang, atau menghindari campur tangan pemerintah
Strategi penetapan harga
a. Strategi Harga Produk Baru
• Market skimming pricing. Yaitu Penetapan harga yang tinggi untuk produk baru agar dapat mencapai pendapatan maksimum melalui tiap lapisan segmen yang mau membayar dengan harga tinggi.
• Market Penetration Pricing, merupakan penetapan harga yang rendah untuk produk baru dengan tujuan untuk menarik sejumlah besar pembeli dan memperoleh pangsa pasar yang besar.
b. Strategi penyesuaian
• Discount and allowance pricing adalah Pengurangan harga sebagai bentuk penghargaan terhadap pelanggan yang memberikan respon seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk.
• Segmented pricing merupakan Penyesuaian harga yang memungkinkan pembedaan terhadap pelanggan, produk, atau lokasi.
• Psychological pricing adalah Pendekatan harga yang mempertimbangkan efek psikologi dari harga dan bukan hanya nilai ekonomisnya.
• Promotional pricing merupakan Pengurangan harga untuk sementara yang bertujuan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.
• Geographical pricing adalah Penyesuaian harga yang dihitung berdasarkan letak geografis dari pelanggan.
• International pricing merupakan Penyesuaian harga untuk pasar internasional.
c. Strategi Harga Bauran Produk
• Product line pricing, Merupakan Penetapan harga yang berbeda diantara berbagai produk dalam sebuah lini produk berdasarkan perbedaan biaya antara produk, evaluasi pelanggan dari fitur-fitur yang berbeda, dan harga pesaing.
• Optimal product pricing. Merupakan Penetapan harga berdasarkan pilihan dari aksesoris produk yang menyertai produk utama.
• Captive product pricing, merupakan Penetapan harga untuk produk yang harus digunakan beserta dengan produk utamanya.
• Product bundle pricing, adalah Kombinasi dari beberapa produk yang ditawarkan dalam satu paket untuk mengurangi harga
3. Promotion, Komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli, dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Tujuan Promosi
a. Menyebarluaskan informasi tentang suatu produk (barang/jasa)
b. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta mempertahankan loyalitas pelanggan
c. Meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan
d. Mengangkat keunggulan dan membedakan produk dari produk dari pesaing
e. Branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen seperti yang diinginkan oleh perusahaan
f. Mempengaruhi opini dan perilaku konsumen terhadap suatu produk
Promotion Mix, merupakan trategi yang menggabungkan beragam metode marketing untuk mencapai suatu target pemasaran tertentu. Terdiri dari 6 aspek yaitu :
• Advertising
Iklan adalah sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan adalah pesan yang dibayar oleh orang yang mengirimkannya dan dimaksudkan untuk menginformasikan atau memengaruhi orang yang menerimanya
• Personal Selling
Suatu bentuk komunikasi langsung antara seorang penjual dengan calon pembelinya baik secara tatap muka ataupun melalui alat komunikasi
• Sales Promotion
Promosi penjualan yang berorientasi kepada konsumen ditujukan kepada pengguna pemakai akhir barang atau jasa yang mencakup pemberian kupon, pemberian sampel produk, potongan harga, undian berhadiah
• Public Relation
Usaha untuk menstimulasi permintaan sebuah produk atau jasa dengan cara menyampaikan berita yang signifikan dan bersifat komersial, merancang berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau setiap produknya
• Direct Marketing
Pemasaran langsung adalah upaya perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan sasaran dengan maksud untuk menimbulkan tanggapan dan atau transaksi penjualan
• Social Media
Saluran atau sarana untuk pergaulan sosial yang dilakukan secara online melalui jaringan internet, melakukan komunikasi atau interaksi, berkirim pesan, baik pesan teks, gambar, audio hingga video, saling berbagi atau sharing, dan juga membangun jaringan atau networking
Artikel ini ditulis oleh Khofifah Dwi Syahfitri dan Nina Verawaty T. Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
Editor : Odi Siregar
Artikel Terkait