Tujuan Promosi
a. Menyebarluaskan informasi tentang suatu produk (barang/jasa)
b. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta mempertahankan loyalitas pelanggan
c. Meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan
d. Mengangkat keunggulan dan membedakan produk dari produk dari pesaing
e. Branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen seperti yang diinginkan oleh perusahaan
f. Mempengaruhi opini dan perilaku konsumen terhadap suatu produk
Promotion Mix, merupakan trategi yang menggabungkan beragam metode marketing untuk mencapai suatu target pemasaran tertentu. Terdiri dari 6 aspek yaitu :
• Advertising
Iklan adalah sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan adalah pesan yang dibayar oleh orang yang mengirimkannya dan dimaksudkan untuk menginformasikan atau memengaruhi orang yang menerimanya
• Personal Selling
Suatu bentuk komunikasi langsung antara seorang penjual dengan calon pembelinya baik secara tatap muka ataupun melalui alat komunikasi
• Sales Promotion
Promosi penjualan yang berorientasi kepada konsumen ditujukan kepada pengguna pemakai akhir barang atau jasa yang mencakup pemberian kupon, pemberian sampel produk, potongan harga, undian berhadiah
• Public Relation
Usaha untuk menstimulasi permintaan sebuah produk atau jasa dengan cara menyampaikan berita yang signifikan dan bersifat komersial, merancang berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau setiap produknya
• Direct Marketing
Pemasaran langsung adalah upaya perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan sasaran dengan maksud untuk menimbulkan tanggapan dan atau transaksi penjualan
• Social Media
Saluran atau sarana untuk pergaulan sosial yang dilakukan secara online melalui jaringan internet, melakukan komunikasi atau interaksi, berkirim pesan, baik pesan teks, gambar, audio hingga video, saling berbagi atau sharing, dan juga membangun jaringan atau networking
Artikel ini ditulis oleh Khofifah Dwi Syahfitri dan Nina Verawaty T. Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
Editor : Odi Siregar
Artikel Terkait