Strategi penetapan harga
a. Strategi Harga Produk Baru
• Market skimming pricing. Yaitu Penetapan harga yang tinggi untuk produk baru agar dapat mencapai pendapatan maksimum melalui tiap lapisan segmen yang mau membayar dengan harga tinggi.
• Market Penetration Pricing, merupakan penetapan harga yang rendah untuk produk baru dengan tujuan untuk menarik sejumlah besar pembeli dan memperoleh pangsa pasar yang besar.
b. Strategi penyesuaian
• Discount and allowance pricing adalah Pengurangan harga sebagai bentuk penghargaan terhadap pelanggan yang memberikan respon seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk.
• Segmented pricing merupakan Penyesuaian harga yang memungkinkan pembedaan terhadap pelanggan, produk, atau lokasi.
• Psychological pricing adalah Pendekatan harga yang mempertimbangkan efek psikologi dari harga dan bukan hanya nilai ekonomisnya.
• Promotional pricing merupakan Pengurangan harga untuk sementara yang bertujuan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.
• Geographical pricing adalah Penyesuaian harga yang dihitung berdasarkan letak geografis dari pelanggan.
• International pricing merupakan Penyesuaian harga untuk pasar internasional.
c. Strategi Harga Bauran Produk
• Product line pricing, Merupakan Penetapan harga yang berbeda diantara berbagai produk dalam sebuah lini produk berdasarkan perbedaan biaya antara produk, evaluasi pelanggan dari fitur-fitur yang berbeda, dan harga pesaing.
• Optimal product pricing. Merupakan Penetapan harga berdasarkan pilihan dari aksesoris produk yang menyertai produk utama.
• Captive product pricing, merupakan Penetapan harga untuk produk yang harus digunakan beserta dengan produk utamanya.
• Product bundle pricing, adalah Kombinasi dari beberapa produk yang ditawarkan dalam satu paket untuk mengurangi harga
3. Promotion, Komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli, dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Editor : Odi Siregar
Artikel Terkait