HAPSARI Latih 120 Kader Kampung Nusa untuk Ketahanan Iklim dan Pangan

Jafar
HAPSARI Latih 120 Kader Kampung Nusa untuk Ketahanan Iklim dan Pangan. (Foto: Istimewa)

LABUHANBATU, iNewsMedan.id - Setelah menandatangani Nota Kesepahaman antara Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (HAPSARI) Sumatera Utara dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu pada 23 Februari 2023, HAPSARI melatih 120 orang Kader Perempuan binaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Empat Desa di Kabupaten Labuhanbatu, dalam Pelatihan Kampung Nusa (Kampung Nutrisi Keluarga) untuk Ketahanan Iklim dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga.

Menurut Kepala Dinas PMD Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan, S.H, ini merupakan kolaborasi program Pemberdayaan Masyarakat Desa, melalui Program Kampung Nutrisi Keluarga (Kampung Nusa) untuk Ketahanan Iklim dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga antara HAPSARI dengan Dinas PMD. Pelatihan Kampung Nusa dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 20 Maret 2023.

Sebelumnya, Henny Rahayu yang merupakan Tim HAPSARI dari Serikat Perempuan Indonesia (SPI) Labuhanbatu, juga telah diminta oleh Kadis PMD untuk melakukan sosialisasi Kampung Nusa dalam Musyawarah Perencanaan pembangunan Desa, di 38 Desa di kabupaten Labuhanbatu. Setelah sosialisasi tersebut, dilanjutkan dengan Pelatihan Kampung Nusa pada lokasi focus (lokus) di empat desa, yaitu Desa Pondok Batu, Perbaungan, Kampung Dalam dan Tanjung Siram yang juga merupakan desa-desa komunitas anggota SPI Labuhanbatu.

Abdi menjelaskan bahwa semua peserta pelatihan adalah perempuan yang merupakan pengurus dan anggota Dasa Wisma yang merupakan binaan atau kader-kader PKK Desa. Sedangkan penyelenggara pelatihan adalah Pemerintah Desa, yaitu Kepala Desa, dibantu oleh BPD dan PKK Desa. Tim Pelatih sepenuhnya dari HAPSARI Sumatera Utara.

“Selain bicara ketahanan iklim dan ketahanan pangan, melalui Pelatihan Kampung Nusa Kami juga merumuskan program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berbasis potensi desanya masing-masing, seperti pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan. Sehingga Kami betul-betul minta kepada Kepala Desa untuk serius dalam penyelenggaraan pelatihan Kampung Nusa ini,” Demikian Kadis PMD menekankan.



Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network