HAPSARI Ajak Pemda Sumut Kolaborasi Program Ketahanan Iklim dan Pangan

Jafar
HAPSARI melakukan diskusi dengan Pemda Sumut terkait “Membangun strategi pencegahan perubahan iklim dan ketahanan pangan keluarga untuk mengatasi ketimpangan akses sumber daya di Sumatera Utara" (Foto: Istimewa)

SUMUT, iNews.id - Perubahan iklim akan menjadi pemicu krisis sosial ekologis yang luas. Masyarakat berpenghasilan rendah atau miskin lebih rentan dibanding yang berpenghasilan menengah atau kaya, terlebih kaum perempuan dan anak-anak. Contoh jelasnya adalah bencana alam dan kelaparan. Ini merupakan salah satu dampak perubahan iklim yang berakibat pada penurunan kualitas hidup anak, perempuan, dan memperbesar kesenjangan gender dalam masyarakat. 

Anak-anak terancam gagal tumbuh (stunting) dan perempuan harus memikul tanggungjawab lebih berat dibanding laki-laki, sehingga meningkatkan (lagi) angka kemiskinan perempuan dan semakin terbukanya jurang ketidaksetaraan gender. Begitu seriusnya dampak perubahan iklim, namun selama ini belum begitu disadari oleh masyarakat. 

Demikian, penjelasan yang disampaikan oleh Lely Zailani, Ketua Dewan Pengurus HAPSARI (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) Sumatera Utara, dalam diskusi dan konsultasi kolaborasi program, dengan Plt Bappeda Sumut Dr.Ir Hasmirizal Lubis MSi, dan Kepala Sub Bidang Kemaritiman dan Sumberdaya Alam, Sry Puspa Sari, ST. (Kamis/12/5/22) di Medan. 

Diskusi itu dilakukan terkait dengan program HAPSARI tahun 2022-2023, “Membangun strategi pencegahan perubahan iklim dan ketahanan pangan keluarga untuk mengatasi ketimpangan akses sumber daya di Sumatera Utara” yang diimplementasikan di lima kabupaten di Sumatera Utara, meliputi, Karo, Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi dan Labuhanbatu, berkolaborasi  dengan Sources of Indonesia (SoI). Sedangkan dukungan pendanaan dari Ford Foundation dengan persetujuan Ditjen Bina Bangda Kementrian Dalam Negeri. 

Melalui program ini akan dikembangkan konsep Kampung Nusa dan Rumah Nusa (Nutrisi Keluarga), dengan kegiatan menanam mulai dari halaman hingga kebun. Dalam konteks pencegahan perubahan iklim ini, ketahanan pangan bukan hanya soal beras, tetapi justru mengubah pola fikir bahwa “kenyang tak harus beras”. Sekaligus pengorganisasian komunitas untuk menumbuhkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang "menanam untuk meredam perubahan iklim." 

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network