Kisah Penemu Susu Milo, Ilmuwan yang Ingin Atasi Masalah Kekurangan Gizi Anak-anak pada 1934

Ikhsan Permana SP, J Erna
Penemu susu Milo, Thomas Victor Mayne. (Foto: Dok Milo)

Namun saat itu, dia harus meyakinkan para petinggi Nestle untuk menerima produk tersebut, yang dikembangkan di negara lain. 

"Orang Swiss tidak mengira orang Australia menciptakannya. Saya telah menemukan formula ini sepanjang hidup saya. Banyak orang tidak siap untuk percaya bahwa orang Australia bisa menciptakan sesuatu," ujarnya. 

Sementara dikutip dari laman Milo, Mayne membuat minuman tersebut karena ingin mengatasi masalah kekurangan gizi anak-anak di Australia akibat krisis ekonomi global pada 1934. Minuman tersebut dimaksudkan untuk menambah energi, vitamin dan mineral yang diperlukan bagi perkembangan komprehensif anak-anak.

Adapun nama Milo dipilih karena Mayne terinspirasi dari nama atlet legendaris abad ke-6 SM dari Croton, yang merupakan sebuah kota kecil di Yunani kuno. Dia terkenal sebagai Dewa Kekuatan, yang telah memenangkan Olimpiade sebanyak enam kali, dan berbagai kompetisi bergengsi.

Milo saat ini sudah tersebar di seluruh dunia. Produk ini diimpor ke Indonesia pada 1974. Enam tahun kemudian, Milo mulai diproduksi di pabrik Waru, Jawa Timur dan didstribusikan ke seluruh Indonesia dalam kemasan kaleng. 

Pada 2002, produksinya dipindahkan ke pabrik Kejayan di Jawa Timur. Kemasan Milo berganti dari kaleng menjadi boks. Pada 2009, Milo UHT diproduksi untuk pertama kalinya. Empat tahun kemudian, Milo memperkenalkan kemasan baru dalam bentuk pouch. Dan pada 2022, Milo diproduksi 100 persen di Indonesia, di Karawang, Jawa Barat. 

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Kisah Thomas Mayne, Ilmuwan yang Kerja 80 Jam Seminggu demi Temukan Formula Susu Milo

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network