Berikut Adab Sedekah Menurut Islam yang Dapat Menyucikan Diri

Ratu Syra Quirinno
Berikut Adab sedekah menurut Islam yang dapat menyucikan diri (Foto: Shutterstock)

3. Mendahulukan sedekah kepada kerabat

Adab sedekah lainnya lebih mendahulukan memberi sedekah kepada karib kerabat terdekat. Apabila mereka termasuk orang yang membutuhkan, maka hak mereka lebih dahulu daripada hak orang yang lain.

Jika kerabat terdekat sudah dipenuhi, boleh menyerahkan sedekah kepada pihak lain. Makin dekat derajat kekerabatannya dengan orang yang menerima sedekah itu, maka semakin besar pula pahala sedekahnya.

4. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah

Adab sedekah selanjutnya tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Memberikan sedekah kepada mereka yang memerlukan bantuan adalah lebih baik daripada menerima. Dengan bersedekah, Anda dapat meringankan bebanan orang yang sedang kesusahan. 

5. Tidak menunda-nunda sedekah wajib

Adab sedekah berikutnya dengan tidak menunda-nunda sedekah yang wajib hingga keluar waktunya. Jika telah wajib seorang Muslim mengeluarkan zakat atas hartanya, tanamannya, perniagaannya, atau yang lainnya dari harta sedekah yang wajib, maka dia wajib mengeluarkannya pada waktunya. Dia tidak boleh menundanya tanpa adanya udzur.

6. Mendahulukan sedekah wajib

Adab sedekah yang terakhir mendahulukan sedekah yang wajib daripada sunnah. Apabila dia harus mengeluarkan zakat yang wajib dan telah tiba waktunya agar mendahulukannya daripada sedekah yang sunnah.

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network