Jalankan Tridarma Perguruan Tinggi, Mahasiswa FMIPA-USU Ikuti PKM di Desa Bingkawan

Jafar
Jalankan Tridarma Perguruan Tinggi, Mahasiswa FMIPA USU ikuti PKM di Desa Bingkawan. (Foto: Istimewa).

"Kami belajar banyak hal bersama sama. Dengan menginap di dusun Sikeci-keci pada setiap akhir pekan selama 3 bulan ini, membuat saya menjadi lebih berani untuk berkegiatan di alam bebas. Banyak sekali pengetahuan yang sangat berguna dan mengubah pola pikir saya. Semula, saya yang sangat malas akhirnya jadi rajin memasak di kos. Sering berkunjung dan berdiskusi di desa, saya lebih banyak bergerak, rajin berolahraga jadinya dan tentu lebih sehat," terangnya.

Cahyani pun merasakan adanya perubahan pola pikir baru jika menghadapi masalah. "Tak ada yang instan untuk dapat hasil terbaik. Mengupayakannya harus bertahap, langkah demi langkah, perlu kesabaran. Ini pengalaman berharga yang saya pelajari dalam pengabdian ini. Yang paling berkesan bagi saya adalah bagaimana seharusnya mahasiswa mau berproses untuk mencapai tujuan. Tak boleh hanya menunggu hasilnya saja," pungkasnya dengan mimik serius.

Sedangkan Sonyia Juliati menuturkan panjang-lebar bahwa kegiatan PKM ini tidak hanya ditujukan untuk membantu memecahkan masalah masyarakat, tetapi juga bermanfaat bagi mahasiswa yang berpartisipasi. Mahasiswi berkacamata ini menyimpulkan bahwa dirinya tidak hanya memperoleh manfaat secara sosial, tetapi juga mendapatkan manfaat dalam penguasaan bidang ilmu yang dipelajari saat ini. 

"Pada kegiatan PKM ini, saya mempelajari dan menemukan bahwa matematika yang dipelajari secara teoritik di kampus ternyata banyak sekali diterapkan secara langsung di dalam setiap aspek kegiatan masyarakat. Salah satunya terdapat dalam pelatihan budidaya hidroponik yang dilakukan," ungkapnya. 

Menurut Sonyia, teknik bercocok tanam dengan media tanpa tanah ini ternyata secara langsung mengaplikasikan dasar-dasar dalam matematika dalam proses penyemaian sampai pemanenannya. Mulai dari penerapan aktivitas berhitung, yaitu dalam tahap pembenihan menghitung berapa banyaknya benih yang ditanam, berapa benih yang berhasil tumbuh, berapa jumlah nutrisi yang diperlukan benih untuk tumbuh subur, serta bagaimana ukuran tanaman dalam pertumbuhannya. 

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network