Jalankan Tridarma Perguruan Tinggi, Mahasiswa FMIPA-USU Ikuti PKM di Desa Bingkawan

Jafar
Jalankan Tridarma Perguruan Tinggi, Mahasiswa FMIPA USU ikuti PKM di Desa Bingkawan. (Foto: Istimewa).

Dari sudut pandang mahasiswa sendiri, ragam manfaat tersebut menjadi pengalaman baru yang boleh jadi akan berbekas dalam dan dapat merubah dirinya dalam menyikapi kehidupan di masa mendatang. 

Sebanyak 5 orang mahasiswa dan mahasiswi program studi matematika FMIPA-USU mengungkapkan pengalaman dan manfaat yang mereka dapatkan dengan mengikuti kegiatan pengabdian di Desa Bingkawan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Kania Febry mengungkapkan, PKM ini memaksanya keluar dari zona nyaman untuk mengenal dunia luar. "Dengan membuka diri, saya berusaha memahami orang-orang, terutama yang berada di sekitar saya, yakni rekan-rekan satu tim, empat mahasiswa USU yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda," ucapnya.

Pengalaman yang kurang lebih sama diceritakan Winona Melinda. Di mana, satu hari di Agustus 2022 itu membawa perubahan besar bagi dirinya. "Saya berhasil melawan rasa takut dan gugup untuk berbicara di depan khalayak ramai. Berinteraksi dan bekerja sama dengan warga desa untuk menanam sayur menggunakan metode hidroponik menghasilkan kebiasaan baru," ungkapnya. 

Sementara itu, Cahyani Romelin merasakan terjadi perubahan mencolok dari dirinya. Selama hanya ikut kuliah online karena pandemi Covid-19, dirinya cuma punya sedikit teman. Melalui kegiatan PKM ini mereka dapat teman-teman baru yang sangat menyenangkan.

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network