Mengenal Eugene Schueller, Pendiri Raksasa Kosmetik L'Oreal

Suparjo Ramalan
Kisah pendiri raksasa kosmetik L'Oreal, kakek perempuan terkaya di dunia. Foto loreal.com

Setelah Perang Dunia II, ketika Nazi berusaha menyembunyikan hubungan mereka dengan gerakan Hitler, Bettencourt, seperti anggota lain dari kelompok fasis La Cagoule diberi pekerjaan di L'Oréal. Sementara itu, putri mereka, Francoise lahir pada 1953.

Pada 1957, saat Liliane berusia 35 tahun, dia mewarisi seluruh kerajaan bisnis L'Oréal ketika ayahnya meninggal. Liliane aktif di L'Oréal dan memegang kursi di dewan direksi hingga 1995 dan menjadi Direktur Dewan hingga Februari 2012. Kemudian, cucunya Jean-Victor mengambil alih posisi itu.

Selama bertahun-tahun Liliane memimpin perusahaan keluarga, bisnisnya berkembang dengan mengakuisisi perusahaan lain. Liliane Bettencourt meninggal pada September 2017, satu bulan sebelum ulang tahunnya ke-95.

Pada Maret 2017, Liliane yang memiliki 33 persen saham L'Oreal dinobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia oleh Forbes, dengan kekayaan saat itu senilai 39,4 miliar dolar AS. Di bawah hukum Prancis, sebagai satu-satunya pewaris Liliane, setengah dari kekayaannya diberikan kepada Francoise setelah kematiannya.

Francoise juga mewarisi kerajaan bisnis tersebut. Dia menjadi ketua perusahaan induk keluarga. Konglomerat berusia 69 tahun ini juga menjabat presiden yayasan filantropi keluarga yang mendorong kemajuan Prancis dalam sains dan seni.

Dalam daftar Forbes 2022, dia merupakan perempuan terkaya di dunia dan orang terkaya peringkat ke-14 di dunia. Kekayaannya mencapai 74 miliar dolar AS atau setara Rp1.085 trilun. 

Adapun, L'Oreal saat ini sudah membuat ratusan merek dan ribuan produk termasuk pewarna rambut, rias wajah, tubuh dan perawatan kulit, serta parfum. Itu tumbuh setelah L'Oreal mengakuisisi banyak perusahaan, di antaranya The Body Shop, merek kecantikan China Magic Holdings, Carida dan Decleor Shiseido, NYX Cosmetics, Carol’s Daughter, IT Cosmetics, dan ModiFace. Sejak 2006 hingga saat ini, Jean-Paul Agon menjadi Ketua dan CEO L'Oréal.

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network