Mengenal Eugene Schueller, Pendiri Raksasa Kosmetik L'Oreal

Suparjo Ramalan
Kisah pendiri raksasa kosmetik L'Oreal, kakek perempuan terkaya di dunia. Foto loreal.com

Dia bukan hanya seorang ahli kimia, dia juga seorang ekonom, yang mempelopori praktik membayar pekerja secara proporsional dengan produksi mereka daripada per jam atau mingguan. Dia yang juga seorang Nazi, memberikan lima hari kerja dalam seminggu, kenaikan gaji, dan liburan berbayar dua minggu yang diperkenalkan di bawah sosialis Leon Blum.

Schueller berperan penting dalam La Cagoule, sebuah kelompok sayap kanan antiSemit, antiKomunis, dan antiRepublik yang menginginkan Prancis dijalankan sebagai kediktatoran. Dia sangat menentang moto Prancis tentang kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan. Schueller juga terkait erat dengan Helmut Knochen, kepala SS yang bertugas mendeportasi orang Yahudi Prancis ke kamp kematian Nazi. Schueller terdaftar sebagai agen Knochen oleh dinas intelijen Prancis pada 1947.

Hubungan Schueller dengan Jerman selama Perang Dunia II mendongkrak kekayaannya. Sejak 1940 hingga 1943, kekayaan pribadi Schueller tumbuh 10 kali lipat. Dari 1940 hingga 1944, penjualan L'Oréal hampir empat kali lipat. 

Setelah perang, seorang mantan karyawan yang tidak puas menunjuk Schueller sebagai kolaborator Nazi dan sanksi profesional dikenakan padanya. Schueller dapat menunjukkan bukti dia telah melindungi karyawan Yahudi yang tidak ingin pergi ke kamp kerja paksa Jerman dan dia diam-diam membiayai Perlawanan. Akhirnya, semua tuduhan terhadap Schueller dibatalkan sebagian besar berkat dukungan presiden Prancis masa depan Francois Mitterand dan calon menantu dan wakil presiden L'Oreal, André Bettencourt.

Kedua pria itu aktif dalam Perlawanan. Namun, Schueller memberi banyak mantan anggota La Cagoule pekerjaan di L'Oréal setelah perang.

Penjualan L'Oréal meningkat selama perang, di mana perusahaan dapat memperoleh bahan mentah yang dibutuhkan untuk membuat produknya dengan bantuan dari pasukan pendudukan. Misalnya, Schueller memiliki kemitraan yang menguntungkan dengan perusahaan cat selama perang.

Schueller meninggal pada 1957, lalu digantikan oleh putrinya. Liliane yang lahir di Paris pada 1922 adalah anak tunggal dari Eugene Schueller dan istrinya, Louise. 

Pada usia 15 tahun, Liliane magang di L'Oréal. Dia memberi label botol dan produk campuran. Pada 1950, Liliane menikah dengan Andre Bettencourt.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network