Mengenal Sosok Johnny Andrean, Si Penata Rambut yang Sukses Dirikan J.Co Donuts di Indonesia

Cahya Puteri Abdi Rabbi
Sosok si tukang keramas di balik suksesnya J.Co Donuts. Foto: jcodonuts.com

Setelah sukses dengan bisnis salonnya, Johnny merambah bisnis kuliner, khususnya bakery dengan mengakuisisi perusahaan bakery asal Singapura, BreadTalk. usaha kuliner pertamanya dimulai pada Maret 2003, dengan gerai pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta. Berbagai inovasi pun dilakukan untuk membesarkan usahanya ini.

Konsep yang dipilihnya untuk menarik pelanggan, yaitu dengan menampilkan dapur pembuatan roti sebagai bagian dari display. Sehingga, konsumen bisa melihat sendiri proses pembuatan roti yang higienis dengan aroma roti yang bisa dicium langsung oleh pelanggan.

Saat ini, Breadtalk memiliki kurang lebih 190 outlet di seluruh Indonesia. Tak cukup hanya dengan BreadTalk, Johnny melebarkan sayapnya di bidang kuliner dengan membuka gerai J.Co pada 2005. 

Alasannya menjajal bisnis donat lantaran dia merasa donat yang dijual kurang menjaga kualitasnya. Karena itu, dia pun berkeinginan membuat donat yang lembut.  

J.Co menerapkan penyajian dan strategi display yang diadopsi dari luar negeri. Untuk konsep penyajian, dia mempelajarinya dari Eropa, untuk display mengadopsi dari Jepang. 

Dia juga menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk donat J.Co, yang sebagian diimpor langsung, seperti susu dari Selandia Baru, coklat dari Belgia, biji kopi dari Italia atau Kosta Rika. 

Namun banyak banyak yang menyangka J.Co adalah produk milik perusahaan luar negeri yang membuka cabang di Indonesia. Padahal merek ini asli Indonesia. Saat ini J.Co tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Saudi Arabia. 

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network