Peringatan HBA ke 62, Kajari Kepulauan Aru Pimpin Upacara Tabur Bunga di Kepulauan Arafuru

Ismail
Peringatan HBA ke 62, Kajari Kepulauan Aru Pimpin Upacara Tabur Bunga di Kepulauan Arafuru (Foto: Istimewa)

KEPULAUAN ARU, iNews.id- Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Aru, Parada Situmorang memimpin ziarah dan upacara tabur bunga ke Laut Arafuru di sekitar Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (21/7). Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HAB) ke-62 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa (IAD) Dharmakrini Ke-22.

Laut Arafuru merupakan lokasi dan titik tenggalam KRI Macan Tutul di bawah komando Pahlawan Nasional Republik Indonesia Komodor Yos Sudarso ketika merebut Irian dari Belanda.

Kegiatan ziarah dan upacara tabur bunga  Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru bersama Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ini menggunakan Kapal Angkatan Laut Pulau Trangan yang difasilitasi oleh LANAL ARU di bawah Komandan Pangkalan AL Letkol Laut (P) R.Heru Cahyono S.Sos.,M.A.,CHRMP.  

Menempuh waktu 1 jam dari Pelabuhan Kota Dobo,  Ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, upacara tabur bunga ini diikuti personil KN Kep Aru dan anggota IAD.  Pelaksanaan upacara tabur bunga berlangsung secara hikmat di atas laut Arafuru. 

"Terima Kasih kepada TNI AL dan khususnya Pangkalan AL Aru dan jajaran yang sudah membantu ziarah dan tabur bunga di laut Arafuru di HBA Ke-62 dan IAD Ke-22 hari ini,"sebut Kajari Kepulauan Aru, Parada Situmorang.


Peringatan HBA ke 62, Kajari Kepulauan Aru Pimpin Upacara Tabur Bunga di Kepulauan Arafuru (Foto: istimewa)

 

Dia menjelaskan tabur bunga dan ziarah dilakukan di laut Arafuru karena belum ada Taman Makam Pahlawan (TMP) dan  Monumen Pahlawan di Kabupaten Kepulauan Aru.

"Momen HBA Ke-62 menjadi sarana memperkuat sinergitas Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru dengan LANAL ARU membangun Kabupaten Kepulauan Aru sebagai pulau terluar, terdepan, tertinggal," ucap Parada.

Untuk diketahui, Kapal Angkatan Laut Pulau Trangan merupakan Kapal Patroli LANAL ARU menjaga kadaulatan negara di laut yang berbatasan dengan Negara Australia. 

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network