Legislator: Generasi Milenial Berperan Penting Tangkal Penyebaran Hoax di Dunia Digital

Ismail
Ilustrasi (Foto: BBC)

Hoax sendiri banyak muncul di media sosial, seperti instagram, chat, dan website. Generasi milenial sebagai pengguna internet terbanyak, diharap memiliki kesadaran tersendiri dalam membantu menangkal hoax. Salah satu berita hoax yang paling sering muncul adalah berita palsu yang berujung dengan penipuan online. 

Dia kemudian memberikan beberapa tips untuk membantu menangkal penipuan tersebut. Pertama, waspadai website tempat berita berada. Pastikan hanya mempercayai berita yang berasal dari sumber dan website resmi. Terutama saat memasukan data pribadi, pastikan website tersebut merupakan website terpercaya sehingga data diri pribadi tidak digunakan oleh pihak yang salah. 

Kemudian, jangan percaya berita yang datang dari nomor yang tidak jelas. Terutama, jika berita tersebut terdengar tidak masuk akal maka dapat dipastikan jika berita tersebut merupakan berita palsu.  Diperlukan pula rasionalisasi pengguna sehingga dapat melihat apakah berita yang dibaca masuk akal atau tidak. 

Selanjutnya, berita yang dibaca dapat dipastikan kembali keasliannya melalui sumber yang valid. Apabila berita tersebut tidak ada di sumber yang valid, maka dapat dipastikan jika berita tersebut adalah berita palsu. Maka dari itu, generasi milenial diharapkan mampu melakukan hal tersebut untuk membantu menangkal hoax sehingga dapat terhindar dari dampak negatif hoax. 

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network