get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Masyarakat Indonesia Harus Bisa Kombinasikan Teknologi Internet dengan Nilai-nilai Pancasila

Kamis, 02 Juni 2022 | 12:20 WIB
header img
Pancasila sebagai dasar negara. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id-  Pancasila merupakan pedoman bangsa Indonesia dan merupakan  elemen penting untuk mewujudkan cita-cita nasional. Anggota Komisi I DPR RI, H. Teuku Riefky Harsya, M.T, mengatakan jika Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai hidup yang telah dianut oleh bangsa Indonesia sejak lama.

“Dia mencakup bagaimana pedoman hidup yang berketuhanan yang menjadi sumber moralitas dan spiritualitas bangsa, nilai kemanusiaan dan keadilan yang dijunjung tinggi, keberagaman sebagai modal utama yang wajib dijaga keutuhannya, musyawarah sebagai jalan pengambilan keputusan, serta prinsip-prinsip keadilan yang terus dikedepankan.” Kata Teuku Riefky Harsya pada webinar Ngobrol Bareng Legislator, Rabu, 1 Juni 2022. 

Maka dari itu, dia menekankan bagi masyarakat Indonesia untuk terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila harus ada tidak hanya dalam perkataan, tapi juga dalam perbuatan. Terwujudnya sumber daya manusia yang unggul hanya akan dapat tercapai jika nilai-nilai luhur Pancasila terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. Kita adalah masyarakat majemuk sehingga keunggulan apapun yang kita punya tidak akan menjadi keunggulan yang kolektif apabila persatuan tidak terwujud dan persatuan itu adalah nilai-nilai luhur dari Pancasila itu sendiri.” tuturnya dalam webinar kali ini.

Dia kemudian mengatakan jika saat ini teknologi informasi telah menjadi kebutuhan vital bagi seluruh aktifitas sehari-sehari. Menurut hasil survei dari We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia telah meningkat menjadi 204,7 juta pengguna pada tahun 2022. Perubahan ini menandakan telah masuknya era baru yaitu era teknologi digital. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut