get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Ini Tips dan Trik Hindari Penipuan Daring

Jum'at, 27 Mei 2022 | 12:21 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id-     Sekretaris Generasi Pesona Indonesia Wilayah Aceh, Muhadzdzier M Salda, ST, M.Si, mengungkap bahwa penipuan online sangat banyak terjadi di berbagai macam e-commerce atau situs jual beli online. Pesatnya kemajuan teknologi saat ini meningkatkan resiko terjadinya penipuan online. 

“Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan internet yang tidak disertai dengan kemampuan literasi digital yang baik,” ucapnya saat menjadi narasumber webinar Ngobrol Bareng Legislator, Kamis (27/5). 

Dia  mengatakan bahwa semakin hari modus atau motif penipuan online semakin beragam, seperti phising, money mule, pharming, sniffing, dan social engineering. Dia  juga memberikan tips dan trik untuk terhindar dari penipuan daring, diantaranya adalah dengan cara membuat password yang kuat dan aman, mengaktifkan verifikasi dua langkah, merahasiakan kode OTP, tidak posting data pribadi ke media sosial, mewaspadai link spam.

“Dan yang terpenting adalah memperkuat literasi digital. Namun, apabila masyarakat sudah terlanjur terkena modus penipuan online, masyarakat harus cepat lapor ke pihak yang berwewenang dan menyiapkan bukti-buktinya,” terangnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut