get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Ini Prospek dan Tantangan Pemulihan Ekonomi di Indonesia Usai Pandemi

Jum'at, 13 Mei 2022 | 11:33 WIB
header img
Sumarni pengrajin rotan senang karena ekonomi menggeliat kembali dan rotan banjir pesanan (Foto: Riant Subekti)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo mengungkapkan jika potensi ekonomi digital Indonesia di tahun 2025 diperkirakan telah mencapai 146 miliar USD sehingga Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi pasar tetapi menjadi pemain. 

Maka dari itu, Tenaga Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia bidang Tata Kelola dan Budaya Digital, Donny, B. U., S.T., M.Si., sebagai pemateri pertama dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator, Kamis (12/5) ini mengatakan jika Indonesia perlu meningkatkan pengetahuan mengenai ekonomi digital agar Indonesia semakin cakap digital. 

"Ekonomi digital merupakan jenis atau kegiatan ekonomi yang memanfaatkan teknologi digital, misalnya internet dan perangkat gawai. Salah satu contoh dari ekonomi digital adalah berkembanya e-commerce," ucapnya.

Lanjut Donny, menurut data survey dari We Are Social pada Februari 2022, kategori penjualan tertinggi di e-commerce Indonesia merupakan elektronik, sebesar 14,44 USD, lalu disusun oleh produk mode sebesar 8,98 USD. 

Selain e-commerce, terdapat pula economy sharing, dimana terdapat beberapa jenis kegiatan di dalam satu platform. Beberapa contoh dari economy sharing antara lain gojek, Grab, dan Airbnb. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut