get app
inews
Aa Read Next : Sambut HUT ke-62, Bank Sumut Gelar Donor Darah

Aksi Kemanusian Palang Merah, Puan: Butuh Dukungan dari Negara Agar Tetap Eksis

Minggu, 08 Mei 2022 | 22:23 WIB
header img
Ketua DPR Puan Maharani, (Foto : Dok)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang sudah bekerja keras untuk kemanusiaan, baik yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) maupun organisasi kemanusiaan lainnya. 

Hal ini disampaikannya terkait Hari Palang Merah Internasional yang jatuh 8 Mei setiap tahunnya. Puan menegaskan bahwa peran serta para relawan sangat penting bagi kemanusiaan. 

Puan pun menegaskan, negara harus terus hadir dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip perikemanusiaan. Sebab, hanya dengan dukungan dari negara lah gerakan-gerakan kemanusiaan bisa terus eksis untuk membantu sesama. 

Hal itu juga sesuai dengan tema hari Palang Merah Internasional 2022 yang mengusung tagar #BeHumanKIND. 

"Tema itu sebagai ajakan untuk meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama. Tak peduli seberapa besar atau kecilnya tindakan kita, aktivitas kemanusiaan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia," kata Ketua DPP PDI-P ini. 

Puan lalu kembali mengingatkan lagi rekam sejarah kehadiran PMI bagi berdirinya bangsa Indonesia. 

Setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan, Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno  sengaja mendahulukan pendirian PMI sebelum perangkat negara lainnya dibentuk. 

Puan mengatakan, hal itu dilakukan karena Bung Karno tahu betul di depan ada pekerjaan sangat berat yang membutuhkan peran  PMI, yaitu perang mempertahankan kemerdekaan.

"Perang mempertahankan kemerdekaan adalah sebuah pekerjaan sangat berat yang akan membutuh dukungan dan bantuan internasional, terutama bantuan kemanusiaan," kata cucu Soekarno ini.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut