get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Gubernur Edy Minta Pemkab Memindahkan Korban Banjir Bandang dari Bantaran Sungai Ke Rumah Relokasi

Kamis, 28 April 2022 | 12:41 WIB
header img
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meninjau rumah relokasi korban bencana banjir bandang 2018 di Kabupaten Mandailing Natal.

MADINA, iNews.id - Berkunjung ke Kabupaten Mandailingnatal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmaydi meminta pemerintah daerah setempat menunjukkan lokasi perumahan untuk relokasi warga korban banjir bandang tahun 2018. Namun hingga kini, 80 unit rumah permanen tipe 36 masih belum dihuni. 

Melihat kondisi tersebut, Edy yang turun meninjau perumahan relokasi di Desa Dalanlidang, Kecamatan Linggabayu, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina segera menyiapkan skema pemindahan warga yang masih bermukim di bantaran sungai Desa Muarasaladi, Kecamatan Ulupungkut. 

"Kenapa belum ditempati, apa yang kurang dari perumahan ini?" tanya Gubernur kepada Sekdakab Madina Gozali Pulungan, Rabu (27/4/2022). 

Menurut Edy, pembangunan perumahan relokasi bencana banjir bandang Madina yang terjadi Oktober 2018 silam, dilakukan karena ada permintaan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) tidak sekadar melarang orang bermukim di bantaran sungai, tetapi menyiapkan solusi pemindahannya. 

"Waktu itu saya didesak untuk menyiapkan relokasi, supaya ada solusi bagi warga yang akan dipindahkan. Sekarang perumahannya sudah siap, kenapa belum digunakan?" timpalnya. 

Mendengar laporan bahwa sumber pasokan air bersih yang belum tuntas menjadi kendala, Edy pun meminta pemerintah dan TNI-POLRI saling berkoordinasi dan bekerja sama untuk menuntaskan apa yang dibutuhkan. Sehingga pemindahan warga yang ada di bantaran sungai bisa maksimal. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut