Donasi secara digital hadir untuk mempermudah masyarakat untuk membantu sesama dan menghubungkan orang-orang yang membutuhkan dengan orang-orang yang mampu membantu.
Dia memaparkan jika menurut data kajian internal dompet dhuafa, donasi melalui platform digital meningkat hingga 80% dalam dua tahun terakhir. Donasi melalui platform digital tersebut paling banyak berasal dari generasi muda dengan jumlah 60% dan angka tersebut terus meningkat setiap tahunnya.
“Dengan meningkatnya penggunaan platform donasi digital tersebut, dilihat disertai dengan peningkatan kejahatan yang mengatasnamakan donasi digital. Maka dari itu, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berdonasi melalui platform donasi digital,” sebutnya.
Pertama, pastikan terlebih dahulu reputasi yayasan atau penyalur donasi. Lihat terlebih dulu track record dari platform tersebut dan bila perlu bertanya kepada teman yang mungkin pernah berdonasi di platform digital tersebut.
“Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai platform digital tersebut. Selanjutnya, pastikan informasi data dari penerima donasi seperti data diri dari penerima donasi dan juga kebutuhan dari donasi tersebut,”terangnya.
Editor : Ismail