get app
inews
Aa Read Next : Beri Bantuan Kepada KRS, Wali Kota Medan Harapkan Pertumbuhan Generasi Muda Semakin Baik

Keren, Kantor Pos Medan Berusia 111 Tahun Akan 'Disulap' Jadi Ruang Kreatif Publik Generasi Muda

Selasa, 12 April 2022 | 16:22 WIB
header img
Direktur PT Pos Properti Indonesia, Tjatur Setiowati saat mempresentasikan gedung Kantor Pos Medan, Selasa (12/4/2022). (Foto: Jafar)

MEDAN, iNews.id - Kantor Pos Medan yang berada di jantung kota Medan, tepatnya di Jalan Pos No.1 akan direnovasi untuk sebuah proyek cipta ruang kreatif (creative placemaking) berbasis komunitas.

Renovasi fisik itu akan dilakukan oleh PT Pos Properti Indonesia berkalaborasi dengan PT Ruang Kreatif Pos. Di mana, sebelumnya mereka sukses meresmikan Pos Bloc Jakarta pada Oktober 2021 lalu. Untuk Pos Bloc Medan rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Proyek Pos Bloc Medan rencananya bakal merevitalisasi Gedung Kantor Pos Medan yang telah berusia 111 tahun tersebut menjadi sebuah creative hub multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, pengembangan talenta lokal, pemberdayaan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Nantinya di area gedung yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya sesuai UU No 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan No.2 Tahun 2012 tersebut akan hadir banyak tenant UKM/UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya. Beragam program kolaborasi dengan berbagai komunitas kreatif telah dirancang pula untuk digelar di sana. Setidaknya dua ruangan di gedung tersebut rencananya juga akan dialihfungsikan menjadi venue musik yang diberi nama Pos Bloc Live House serta M Bloc Market, toko kelontong masa kini yang menjual berbagai produk UKM/UMKM terkurasi.

Kantor Pos Medan yang memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter Serta tinggi 20 meter dirancang oleh arsitek Belanda Bernama Ir. Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken (BOW), semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda. Bangunan kantor Pos ini pertama kali dibangun pada tahun 1909 dan rampung pada 1911. Lokasinya persis berseberangan dengan Lapangan Merdeka yang pada zaman kolonial dulu disebut Esplanade, ruang terbuka utama di depan Gedung Balaikota.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut