Pelindo Multi Terminal Pastikan Layanan Operasional Lancar Jelang Nataru 2026
MEDAN, iNewsMedan.id - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) memastikan seluruh layanan terminal nonpetikemas di berbagai wilayah operasional siap mendukung kelancaran mobilitas barang dan penumpang menjelang periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan aktivitas dan menjamin keselamatan pengguna jasa.
Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal, Arif Rusman Yulianto, menyatakan bahwa perusahaan telah menyiagakan personel dan fasilitas di berbagai titik strategis. Hal ini dilakukan guna menjaga kenyamanan serta mengantisipasi potensi kepadatan arus penumpang di pelabuhan.
“Kami memastikan seluruh elemen operasional siap mendukung peningkatan aktivitas selama periode Nataru. Mulai dari penguatan personel dan fasilitas di pelabuhan, peningkatan standar prosedur operasi, serta meningkatkan koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat, operator kapal, serta instansi terkait di lingkungan pelabuhan,” tutur Arif Rusman Yulianto, Jumat (19/12/2025).
Pengecekan fasilitas dilakukan di berbagai terminal penumpang, mulai dari Tanjung Emas, Lembar, Gresik, hingga terminal yang dikelola Branch Trisakti di Banjarmasin. Seluruh sarana penunjang seperti ruang tunggu, ruang medis, tempat ibadah, hingga fasilitas ramah disabilitas dipastikan dalam kondisi prima.
Selain kesiapan fisik, SPMT juga mendirikan Posko Angkutan Nataru Terpadu yang beroperasi selama 24 jam. Posko ini berfungsi sebagai pusat koordinasi dengan pemangku kepentingan (stakeholders) terkait untuk memantau keselamatan penumpang dan mengantisipasi cuaca ekstrem.
Meski beberapa wilayah sedang dalam masa pemulihan pascabencana, SPMT tetap berkomitmen menjaga kualitas layanan di area terdampak guna memastikan distribusi logistik dan mobilitas warga tidak terganggu.
“Kami turut prihatin atas bencana yang melanda di wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat, meski demikian Pelindo Multi Terminal tetap berupaya memberikan layanan yang optimal di Terminal Penumpang Sibolga di tengah-tengah masa pemulihan pascabencana banjir dan longsor,” jelas Arif Rusman Yulianto.
Melalui persiapan matang ini, Pelindo Multi Terminal berharap seluruh proses bongkar muat kargo maupun arus penumpang selama periode akhir tahun dapat berjalan tanpa hambatan berarti.
Editor : Jafar Sembiring