Ombudsman Beberkan Akar Kelangkaan BBM: Distribusi Pertamina Amburadul
Ombudsman menilai kualitas pelayanan publik Pertamina buruk dan menuding perusahaan tidak memiliki mitigasi yang layak untuk menghadapi kelangkaan pasokan. Bahkan, dari perspektif pelayanan, Pertamina disebut tidak kompeten karena risiko operasional justru dibebankan kepada masyarakat.
Ombudsman mendesak Pertamina melakukan perbaikan layanan dan memberi kompensasi kepada warga terdampak kelangkaan BBM, misalnya melalui program tanggung jawab sosial atau promo harga lewat platform MyPertamina.
Kepala Ombudsman Sumut, Herdensi Adnin, menegaskan pentingnya mitigasi dan kesiapan cadangan pasokan. Menurutnya, kelangkaan BBM bisa memicu efek berantai, termasuk terganggunya distribusi logistik dan kenaikan harga kebutuhan pokok yang pada akhirnya memicu inflasi.
“Pertamina harus paham bahwa kelangkaan BBM punya dampak sistemik. Ini seharusnya bisa dipikirkan lebih matang,” kata Herdensi.
Editor : Ismail