get app
inews
Aa Read Next : 4 Syarat Wajib Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan, Berikut Dalil Sahih dan Penjelasannya

Jangan Dilewatkan, Ini 12 Keistimewaan Bulan Ramadan

Rabu, 06 April 2022 | 04:30 WIB
header img
Puasa Ramadan tahun 1443 Hijriah (Foto: Freepik)

Keistimewaan bulan Ramadan dipenuhi dengan banyak keberkahan. Tentu, hal itu sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Di mana, banyak ayat-ayat Alquran dan hadis menyebutkan keistimewaan tersebut. 

Dikutip dari buku 'Ringkasan Panduan Ramadhan, Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah' karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc, berikut ini deretan keistimewaan bulan Ramadan. 

1. Bulan diturunkannya Alquran 

Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih untuk waktu berpuasa dan turunnya Alquran. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala: 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ 

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu." (QS Al Baqarah: 185) 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut