get app
inews
Aa Read Next : Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut Gelar Sahur Bersama Warga Desa Kolam

Jika Tidak Makan Sahur, Apakah Puasa Ramadan Tetap Sah?

Minggu, 03 April 2022 | 03:02 WIB
header img
Jika tidak makan sahur namun sudah berniat puasa Ramadan, apakah puasanya tetap sah? Hal ini kerap kali ditanyakan Muslim. (Foto: Freepik)

JIKA tidak makan sahur namun sudah berniat puasa Ramadan, apakah puasanya tetap sah? Hal ini kerap kali ditanyakan Muslim. 

Syaikh ‘Abdul Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah juga pernah ditanya: “Ada orang yang tertidur dan luput dari makan sahur di bulan Ramadan, tetapi dia sudah berniat untuk makan sahur. Apakah puasanya tetap sah?”

Jawaban beliau:
"Puasanya tetap sah karena sahur bukanlah syarat sahnya puasa. Makan sahur hanyalah mustahab (dianjurkan atau sunnah), karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah karena di dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095). [Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15/321].

Catatan:
Jadi jika sudah berniat di malam hari, lalu makan sahurnya kelewatan karena ketiduran -misalnya-, maka dia masih boleh berpuasa hingga waktu Magrib. Inilah syaratnya, harus ada niat di malam hari terlebih dahulu.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal di akun Instagram@rumayshocom menuliskan, namun bagi yang sengaja memang tidak mau makan sahur, ketahuilah bahwa di dalam makan sahur itu terdapat keberkahan. Jadi, sempatkan sahur walau hanya makan sebutir kurma atau minum segelas air.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut