get app
inews
Aa Text
Read Next : Kali Pertama Rico Waas Lantik 4 Pejabat Administrator, Begini Pesannya

Filosofi Segelas Air: Cara Rico Waas Mengubah Mindset Pelayan Publik di Kota Medan

Selasa, 19 Agustus 2025 | 14:33 WIB
header img
Wali Kota Medan Rico Waas saat menggelar bimtek Service Excellent di lingkungan Pemerintah Kota Medan di Le Polonia Hotel Medan, Selasa (19/8/2025). (Foto: Diskominfo Medan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Wali Kota Medan, Rico Tri Putra Bayu Waas, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellent di lingkungan Pemerintah Kota Medan dengan pesan yang menyentuh hati. Dalam acara yang digelar di Le Polonia Hotel Medan, Selasa (19/8/2025), Rico menggunakan simbol sederhana: segelas air.

Ia meminta para peserta terdiri dari 142 lurah, 5 pelaksana tugas (Plt) lurah, dan 4 sekretaris lurah untuk menuangkan air ke gelas dan memberikannya kepada rekan di sebelahnya. Menurutnya, tindakan kecil ini adalah wujud nyata dari pelayanan.

"Memberikan pelayanan itu hal sederhana, bahkan naluriah. Tapi apakah kita sudah terbiasa?" ungkapnya.

Rico Waas mengingatkan bahwa jabatan adalah amanah, dan wajah lurah serta camat adalah cerminan dari wajah pemerintah di mata masyarakat. "Ingat, saat kita mengabdi di Pemko, kita adalah pelayan masyarakat. Lewat wajah kita, masyarakat menilai wajah pemerintah," tegasnya.

Untuk memperkuat budaya pelayanan, Rico memperkenalkan prinsip 7S: senyum, sapa, salam, sopan, santun, semangat, dan solusi. Ia menekankan pentingnya responsif terhadap masalah masyarakat, termasuk persoalan sepele seperti drainase.

"Apapun masalah yang dihadapi masyarakat, termasuk soal drainase, harus kita jawab dengan semangat solusi. Dengan begitu, kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan,” ujarnya.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut