XLSMART Resmi Mengudara, Janjikan Layanan Lebih Luas dan Konektivitas Unggul di Sumatera

MEDAN, iNewsMedan.id - Era baru telekomunikasi di Indonesia resmi dimulai dengan berdirinya PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), hasil bersejarah dari penggabungan kekuatan PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom. Entitas telekomunikasi terpadu ini siap mendefinisikan ulang konektivitas, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman digital pelanggan di seluruh Nusantara, dengan fokus khusus pada wilayah West Region yang membentang dari Aceh hingga Lampung, di mana wilayah strategis ini memiliki pertumbuhan kebutuhan konektivitas yang pesat.
"Pembentukan XLSMART merupakan langkah strategis untuk memperkuat kehadiran kami secara signifikan di West Region, yang mencakup seluruh Pulau Sumatera dan kepulauan di sekitarnya. Wilayah ini memiliki potensi pasar yang luar biasa dan posisi yang sangat penting secara nasional, terutama dengan lonjakan kebutuhan konektivitas. XLSMART hadir untuk mewujudkan pemerataan akses digital yang inklusif di seluruh Sumatera," tegas Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi dalam konferensi pers di Medan, Kamis (8/5/2025).
Mengandalkan sinergi jaringan XL Axiata dan Smartfren, XLSMART berkomitmen melakukan investasi besar dalam pengembangan infrastruktur, termasuk modernisasi jaringan 4G dan implementasi teknologi otomasi. Perluasan jangkauan Smartfren kini telah berjalan optimal, memberikan pengalaman komunikasi yang jauh lebih berkualitas bagi para pelanggan. Pengguna kini dapat menikmati jaringan yang lebih luas, dengan penambahan layanan di 153 kota di seluruh Indonesia.
Smartfren mencatatkan peningkatan jumlah Base Transceiver Station (BTS) hingga 300 persen, secara signifikan memperkuat kualitas dan kecepatan jaringan di wilayah West Region.
"XLSMART kini menduduki peringkat strong #2 di West Region, menunjukkan daya saing yang semakin tangguh dalam industri telekomunikasi nasional," ungkap Rajeev.
Dengan fondasi jaringan yang semakin andal, XLSMART siap mengakselerasi pemenuhan kebutuhan digital masyarakat sehari-hari di Sumatera. "Layanan di West Region akan terus diperluas melalui penguatan infrastruktur backbone mobile dan fiber optic. Investasi strategis ini mendukung pengembangan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) dan Fixed Broadband (FBB), serta memastikan kualitas jaringan yang lebih stabil, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan," jelas Rajeev.
Sejalan dengan strategi nasional, XLSMART di West Region akan mempertahankan tiga merek utama XL, AXIS, dan Smartfren untuk menjangkau berbagai segmen pasar secara lebih efektif. Pelanggan akan terus menikmati fleksibilitas dalam memilih paket layanan, mulai dari kuota besar, akses ke platform digital populer, hingga bonus layanan digital menarik melalui produk UNLIMITED Suka-Suka yang hadir dalam beragam varian dengan harga terjangkau, mulai dari Rp1.600 per hari.
"Produk ini adalah bagian dari komitmen Smartfren dalam mendukung Pertumbuhan Digital 100 persen untuk Indonesia Maju, memberdayakan produktivitas pelajar, pekerja, pelaku usaha, dan masyarakat umum, sekaligus mendorong penguatan ekonomi kreatif. Bersama, kita bisa melaju tanpa batas," tambah Rajeev.
Rajeev juga menyoroti pentingnya peningkatan pengalaman pelanggan melalui pemanfaatan teknologi. "Kami menghadirkan layanan chatbot dan berbagai kanal digital lainnya untuk memastikan pelanggan dapat memperoleh bantuan secara instan, kapan pun mereka membutuhkannya. Fitur ini adalah bagian dari inisiatif berkelanjutan kami untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan," ucapnya.
Selain fokus pada infrastruktur digital, XLSMART juga memastikan kemudahan akses layanan melalui jaringan luas yang mencakup toko pulsa, XL Center, Gallery Smartfren, dan berbagai platform digital. Kehadiran fisik XL Center dan Galeri Smartfren, serta kemitraan dengan berbagai outlet lokal, menjadi bagian penting dari upaya perusahaan untuk menjangkau pelanggan secara langsung.
Editor : Jafar Sembiring