XLSMART Resmi Mengudara, Janjikan Layanan Lebih Luas dan Konektivitas Unggul di Sumatera

MEDAN, iNewsMedan.id - Era baru telekomunikasi di Indonesia resmi dimulai dengan berdirinya PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), hasil bersejarah dari penggabungan kekuatan PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom. Entitas telekomunikasi terpadu ini siap mendefinisikan ulang konektivitas, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman digital pelanggan di seluruh Nusantara, dengan fokus khusus pada wilayah West Region yang membentang dari Aceh hingga Lampung, di mana wilayah strategis ini memiliki pertumbuhan kebutuhan konektivitas yang pesat.
"Pembentukan XLSMART merupakan langkah strategis untuk memperkuat kehadiran kami secara signifikan di West Region, yang mencakup seluruh Pulau Sumatera dan kepulauan di sekitarnya. Wilayah ini memiliki potensi pasar yang luar biasa dan posisi yang sangat penting secara nasional, terutama dengan lonjakan kebutuhan konektivitas. XLSMART hadir untuk mewujudkan pemerataan akses digital yang inklusif di seluruh Sumatera," tegas Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi dalam konferensi pers di Medan, Kamis (8/5/2025).
Mengandalkan sinergi jaringan XL Axiata dan Smartfren, XLSMART berkomitmen melakukan investasi besar dalam pengembangan infrastruktur, termasuk modernisasi jaringan 4G dan implementasi teknologi otomasi. Perluasan jangkauan Smartfren kini telah berjalan optimal, memberikan pengalaman komunikasi yang jauh lebih berkualitas bagi para pelanggan. Pengguna kini dapat menikmati jaringan yang lebih luas, dengan penambahan layanan di 153 kota di seluruh Indonesia.
Smartfren mencatatkan peningkatan jumlah Base Transceiver Station (BTS) hingga 300 persen, secara signifikan memperkuat kualitas dan kecepatan jaringan di wilayah West Region.
"XLSMART kini menduduki peringkat strong #2 di West Region, menunjukkan daya saing yang semakin tangguh dalam industri telekomunikasi nasional," ungkap Rajeev.
Dengan fondasi jaringan yang semakin andal, XLSMART siap mengakselerasi pemenuhan kebutuhan digital masyarakat sehari-hari di Sumatera. "Layanan di West Region akan terus diperluas melalui penguatan infrastruktur backbone mobile dan fiber optic. Investasi strategis ini mendukung pengembangan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) dan Fixed Broadband (FBB), serta memastikan kualitas jaringan yang lebih stabil, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan," jelas Rajeev.
Sejalan dengan strategi nasional, XLSMART di West Region akan mempertahankan tiga merek utama XL, AXIS, dan Smartfren untuk menjangkau berbagai segmen pasar secara lebih efektif. Pelanggan akan terus menikmati fleksibilitas dalam memilih paket layanan, mulai dari kuota besar, akses ke platform digital populer, hingga bonus layanan digital menarik melalui produk UNLIMITED Suka-Suka yang hadir dalam beragam varian dengan harga terjangkau, mulai dari Rp1.600 per hari.
"Produk ini adalah bagian dari komitmen Smartfren dalam mendukung Pertumbuhan Digital 100 persen untuk Indonesia Maju, memberdayakan produktivitas pelajar, pekerja, pelaku usaha, dan masyarakat umum, sekaligus mendorong penguatan ekonomi kreatif. Bersama, kita bisa melaju tanpa batas," tambah Rajeev.
Rajeev juga menyoroti pentingnya peningkatan pengalaman pelanggan melalui pemanfaatan teknologi. "Kami menghadirkan layanan chatbot dan berbagai kanal digital lainnya untuk memastikan pelanggan dapat memperoleh bantuan secara instan, kapan pun mereka membutuhkannya. Fitur ini adalah bagian dari inisiatif berkelanjutan kami untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan," ucapnya.
Selain fokus pada infrastruktur digital, XLSMART juga memastikan kemudahan akses layanan melalui jaringan luas yang mencakup toko pulsa, XL Center, Gallery Smartfren, dan berbagai platform digital. Kehadiran fisik XL Center dan Galeri Smartfren, serta kemitraan dengan berbagai outlet lokal, menjadi bagian penting dari upaya perusahaan untuk menjangkau pelanggan secara langsung.
Sebagai wujud kontribusi kepada komunitas lokal, XLSMART juga aktif berkolaborasi dengan pemerintah daerah, institusi pendidikan, dan pelaku UMKM dalam berbagai program pemberdayaan digital. Smartfren juga akan menghadirkan berbagai acara unggulan di kota-kota terpilih di Sumatera, seperti Smartfren Fun Run 5K dan Smartfren Festival Rakyat, untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat.
Langkah strategis pembentukan XLSMART ini bukan hanya sekadar sinergi bisnis, tetapi juga cerminan komitmen nyata untuk memperkuat kualitas layanan digital di seluruh wilayah barat Indonesia. "Dengan entitas dan semangat baru XLSMART, kami hadir untuk memberdayakan masyarakat dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung, menghubungkan mereka dengan berbagai peluang dan inovasi," pungkas Rajeev.
Komitmen untuk 94,5 Juta Pelanggan Indonesia
Dengan pangsa pasar gabungan sekitar 29 persen, proyeksi pendapatan proforma Rp 45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSMART menargetkan diri menjadi perusahaan telekomunikasi yang paling dicintai di Indonesia.
"Kami membangun perusahaan yang lebih responsif, lebih gesit, dan lebih cerdas dalam melayani. Baik di kota besar maupun pelosok, XLSMART hadir untuk memastikan setiap individu di Indonesia memiliki akses terhadap teknologi, jaringan, dan pengalaman yang benar-benar bermakna," tegas Rajeev.
Bersamaan dengan peresmian perusahaan, XLSMART juga memperkenalkan identitas korporat barunya yang mencerminkan ambisi dan komitmen perusahaan. Logogram "Infinity World" menjadi simbol visual utama, melambangkan konektivitas tanpa batas dan peluang yang tak terhingga. Simbol ini adalah gerbang dinamis menuju berbagai kemungkinan baru, merefleksikan komitmen XLSMART untuk memperluas cakrawala di seluruh Indonesia, regional, dan global.
Tagline 'Bersama, Melaju Tanpa Batas' secara resmi diperkenalkan sebagai representasi semangat baru hasil penggabungan dua kekuatan besar industri telekomunikasi. Tagline ini membawa pesan kuat tentang kebersamaan, kemajuan, dan dedikasi untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan, komunitas, dan mitra di seluruh Indonesia. Ini juga mencerminkan kepribadian merek yang berani, bijaksana, kolaboratif, dan mendorong kemajuan, yang diwujudkan melalui desain logo visual yang dinamis serta pesan-pesan komunikasi yang berorientasi pada tujuan dan kebaikan bersama.
"Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun – Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital. Logogram Infinity World mencerminkan keyakinan kami pada kemajuan tanpa batas. Bersama pelanggan, karyawan, dan mitra, kami memimpin percepatan menuju bangsa yang lebih smart dan lebih terkoneksi," tandas Rajeev Sethi.
Editor : Jafar Sembiring