"Di sisi kelestarian lingkungan, Cimory menginisiasi efisiensi penggunaan air, daur ulang kemasan, dan peningkatan energi terbarukan, yang membantu mengurangi dampak operasionalnya. Langkah ini membuktikan bahwa IPO menjadi fondasi bagi Cimory untuk menciptakan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan," katanya, Senin (9/12/2024).
Cleo (CLEO)
Didirikan pada tahun 2004 oleh Hermanto Tanoko, PT Sariguna Primatirta Tbk yang dikenal dengan merek Cleo adalah bisnis keluarga dengan visi menghadirkan air minum berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun 2017, Cleo memulai transformasinya dengan melakukan IPO.
Pintor menjelaskan, dalam langkah strategis ini, Belinda Natalia Tanoko, putri pertama Hermanto Tanoko, ditunjuk sebagai Direktur Utama untuk memimpin perusahaan dan memastikan keberlanjutan bisnis. Cleo memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan tata kelola dan memperluas ekosistem bisnisnya.
"Melalui IPO, perusahaan ini berhasil meningkatkan jumlah pabrik menjadi 32 pabrik pada tahun 2024 dan memperluas jaringan distribusi hingga 360 cabang di seluruh Indonesia. Pasca menjadi perusahaan tercatat, Cleo sangat dipercaya oleh para investor dibuktikan dengan peningkatan nilai kapitalisasi pasar sebesar lebih dari 1.600 persen – dari Rp871 miliar pada tahun 2017 menjadi Rp15,5 triliun pada Juni 2024. Cleo juga mengalami pertumbuhan pendapatan rata-rata 20,3 persen per tahun, dan laba bersih 36,7 persen per tahun sejak IPO di tahun 2017 (angka ini melampaui pertumbuhan rata-rata di industri Air Minum dalam Kemasan/AMDK)," jelas Pintor.
Dalam hal tata kelola, Cleo mengambil langkah-langkah strategis yang beriorientasi pada prinsip berkelanjutan. Perusahaan ini secara berkala melakukan pengalihan penggunaan batu bara pada proses boiler air yang pada tahun 2021 telah sepenuhnya beralih ke energi listrik.
Menurut Pintor, IPO juga memperkuat sistem tata kelola Cleo dalam mendukung para stakeholders, di antaranya melalui program Employee Stock Allocation (ESA) yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan, serta whistleblowing system guna perbaikan berkelanjutan.
"Capaian tersebut menunjukkan keberhasilan Cleo dalam mengoptimalisasi strategi go public bagi percepatan ekspansi dan peningkatan kinerja perusahaan," pungkas Pintor.
Editor : Odi Siregar