get app
inews
Aa Read Next : Profil Jenderal Kopassus Muhammad Herindra jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Dicopot dari Kepala BIN, Budi Gunawan Tetap Harmonis dengan Jokowi dengan Datang Bersama ke Aceh

Selasa, 15 Oktober 2024 | 14:22 WIB
header img
Presiden Joko Widodo di dampingi Budi Gunawan datang meresmikan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) yang terletak di Ladong, Kabupaten Aceh Besar. Foto: Ist

ACEH BESAR, iNewsMedan.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dicopot jabatannya oleh Presiden Jokowi. Hal ini diketahui dari  Surat Presiden (Surpres) Nomor R51 tertanggal 10 Oktober 2024 perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BIN yang diterima oleh pimpinan DPR.

Meski begitu kedekatan Jokowi dan Budi Gunawan masih terasa hangat dan bersahabat seperti biasanya.

Baiknya hubungan Jokowi dan Budi Gunawan terlihat saat keduanya bersama rombongan datang menghadiri sekaligusmeresmikan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) di Ladong, Kabupaten Aceh Besar pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi,  dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan kebanggaannya atas pendirian Gedung AMANAH, yang dirancang sebagai pusat kegiatan kreatif bagi pemuda Aceh. 

"Hari ini saya betul-betul sangat kagum atas inovasi, atas kreativitas anak-anak muda di Aceh yang saya lihat sangat kreatif dan inovatif, baik itu di urusan fashion, utamanya Muslim fashion, desain, betul-betul sangat berkelas, menurut saya sangat berkelas," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi turut menggarisbawahi kualitas produk yang dihasilkan, “Semuanya luar biasa, memang apa-apa kalau diberikan ke anak muda pasti jadinya bagus. Packaging juga berkelas sekali.” 

Menurut Presiden Jokowi, dengan memanfaatkan potensi yang ada di Aceh, masyarakat dapat memperoleh nilai tambah ekonomi yang luar biasa. 

Bahkan Jokowi memuji  inisiasi dari BIN (Badan Intelijen Negara) yang telah menyiapkan semuanya. "Kita harapkan di semua Provinsi nanti ada Creative Hub seperti ini,” tambahnya.

Sementara Budi Gunawan yang juga menjadi inisiator berdirinya Gedung AMANAH, turut mengapresiasi Presiden Jokowi. 

Ia menggarisbawahi bahwa AMANAH adalah simbol cinta Presiden terhadap generasi muda Indonesia. "Pembangunan AMANAH menunjukkan kecintaan Bapak Presiden Joko Widodo terhadap anak-anak muda Indonesia, dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia," ujarnya.

Budi Gunawan menekankan bahwa gedung ini tidak hanya menjadi sarana kreatif, tetapi juga berfungsi sebagai pusat pengembangan produk lokal. "Kita semua patut bangga. Produk-produk yang dihasilkan oleh AMANAH memiliki keunggulan kompetitif, khususnya produk nilam Aceh yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia," tambahnya.

Nilam Aceh, yang digunakan oleh produsen parfum besar internasional, menjadi salah satu komoditas unggulan yang dipasarkan langsung ke Prancis, pusat parfum dunia.
 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut