get app
inews
Aa Read Next : PON XXI Aceh-Sumut Didukung Energi Terbarukan dari PLN UID Sumatera Utara

KIS Biofuels Indonesia Bangun Pabrik BioCNG di Labusel, Nilai Investasi 3,6 Juta Dolar AS

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 18:38 WIB
header img
KIS Biofuels Indonesia Bangun Pabrik BioCNG di Labusel, Nilai Investasi 3,6 Juta Dolar AS. Foto: Istimewa

Sementara itu Presiden Direktur PT Tolan Tiga Indonesia (SIPEF Group), Peter Bayliss, mengatakan pabrik BioCNG baru ini dibangun dengan model Build Own Operate Transfer (BOOT). Pabrik BioCNG ini merukan tindak lanjut atas keberhasilan Pabrik Biogas yang telah beroperasi secara efisien selama 8 tahun terakhir di PT Tolan Tiga Indonesia.

“Dengan menambahkan pabrik BioCNG ke operasi kami, kami membuat langkah substansial lainnya menuju pengurangan karbon dan merangkul transisi energi," kata Peter Bayliss.

Peter mengatakan bahwa proyek mereka kali ini dalam rangka mengembangkan teknologi pengolahan limbah. Dengan dukungan kebun sawit seluas 8 ribu hektare, pabrik kelapa sawit PT Tolan Tiga Indonesia mampu memproduksi 55 ton Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit per jamnya. Produksi itu menghasilkan sekitar 33 ton limbah sawit per jam atau sekitar 1100-1200 ton per hari.

"Selama ini, ribuan ton limbah sawit itu diproduksi kembali menjadi gas sebanyak lebih dari 30 ribu liter kubik. Dengan adanya pabrik BioCNG ini nantinya 60 persen dari produksi gas itu akan diupgrade menjadi BioCNG lalu dibotolkan dan dijual," jelas Peter.

Tidak hanya dapat membantu keberlangsungan pabrik yang lebih baik bagi SIPEF Grup, Pabrik BioCNG ini kata Peter,  juga bagi masyarakat Labuhan Batu Selatan dan sekitarnya.

"Proyek pabrik BioCNG ini adalah langkah transformatif bagi industri kelapa sawit. Limbah yang dihasilkan dari pabrik kelapa sawit seringkali menjadi tantangan lingkungan. Namun di sini kami melihat peluang, dengan mengubah limbah tersebut jadi BioCNG. Kami tidak hanya menghasilkan energi bersih dan yang terbarukan, tetapi juga membantu mengurangi emisi karbon, memperbaiki kualitas udara, dan mengelola limbah secara berkelanjutan," lanjutnya.

Peter mengatakan bahwa proyek BioCNG menandai langkah penting dalam misi SIPEF untuk mengurangi jejak karbonnya, dengan menangkap emisi metana dan mengubahnya menjadi energi bersih dan terbarukan.

BioCNG yang diproduksi akan dipasok ke perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Unilever, yang selanjutnya akan memajukan upaya transisi energi Indonesia. Inisiatif ini merupakan kelanjutan alami dari upaya penangkapan metana perusahaan, yang secara signifikan mengatasi emisi CO2 di wilayah tersebut.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut