get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Wilayah Sumatera, KAI Resmikan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan

KAI Sumut Uji Coba Teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan

Jum'at, 06 September 2024 | 13:24 WIB
header img
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara mulai menguji coba teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan pada Kamis, 5 September 2024. (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara mulai menguji coba teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan pada Kamis, 5 September 2024.

Teknologi ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses boarding pelanggan kereta api. 

"Face Recognition Boarding Gate adalah layanan boarding di area pemeriksaan tiket yang dilengkapi kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas pelanggan melalui pemindaian wajah. Data wajah ini terintegrasi dengan data tiket di sistem boarding KAI, sehingga pelanggan tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti cetak tiket," jelasManager Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/9). 

Ia menambahkan, saat ini terdapat dua unit mesin Face Recognition di gate Stasiun Medan yang sedang diuji coba. 

"Pelanggan hanya perlu melakukan satu kali registrasi, baik melalui aplikasi Access by KAI atau langsung di stasiun. Proses ini mudah dan dapat dibantu oleh petugas layanan khusus di stasiun," lanjutnya. 

Anwar juga menjelaskan bahwa registrasi dapat dilakukan dengan e-KTP. "Pelanggan hanya perlu membawa e-KTP, menempelkan pada perangkat reader, dan memindai jari telunjuk kanan atau kiri. Jika e-KTP rusak atau tidak tersedia, registrasi tetap bisa dilakukan dengan bantuan petugas," ungkapnya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut