get app
inews
Aa Read Next : Tiga Alasan Edy Rahmayadi Pilih Hasan Basri Sagala, Salah Satunya Latar Belakang Pendidikan

Berkas Pendaftaran Edy-Hasan Lengkap, KPU Sumut: Hanya Dua Pasangan Calon yang Penuhi Syarat

Kamis, 29 Agustus 2024 | 19:43 WIB
header img
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Agus Arifin dsaat melakukan konfrensi pers pada hari terakhir pendaftaran Cagub dan Cawagubsu, Kamis (29/8).  (iNewsMedan.id/Ismail)

MEDAN, iNewsMedan.id – Hingga hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8) hanya dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi mendaftar untuk Pilkada Sumatera Utara. KPU Sumut menyebutkan kedua pasangan ini telah memenuhi syarat dan mendapatkan dukungan dari 16 partai politik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Agus Arifin, mengumumkan bahwa hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut. Pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga 23.59 WIB.

"Hingga pukul 16.00 WIB tadi, KPU Sumut telah menerima kedatangan bakal pasangan calon gubernur Edy Rahmayadi dan wakil gubernur Hasan Basri Sagala, beserta pimpinan partai politik pengusungnya," kata Agus Arifin dalam konferensi pers sore tadi.

Pasangan Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala diusung oleh enam partai, yaitu PDIP, Hanura, Partai Gelora Indonesia, Partai Buruh, Partai Ummat, dan PKN. "Dokumen persyaratan pencalonan telah kami periksa dan dinyatakan lengkap, sehingga pendaftaran pasangan ini resmi diterima," tambah Agus.

Agus menyebutkan hingga hari ketiga pendaftaran, sebanyak 16 partai politik telah memberikan dukungan kepada bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. "Saat ini hanya dua partai, (yaitu PBB dan Partai Garuda) yang belum menentukan dukungan kepada pasangan calon manapun," ujar Agus.

Tentunya lanjut Agus, sebelum pendaftaran ditutup pada pukul 23.59 WIB, jika pasangan calon telah memenuhi syarat minimal dukungan, yaitu dengan akumulasi suara sah sebanyak 551.355 sesuai ketentuan, maka pendaftaran mereka akan diterima. 

"Berdasarkan data yang kami miliki, dapat dipastikan bahwa hanya dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang memenuhi syarat tersebut,"ungkap Agus.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut