get app
inews
Aa Read Next : Drone Sering Melintas di Atas Gedung Kejaksaan Agung, Pengamanan Diperketat

Kim Jong Un Ikut Awasi Uji Coba Drone Militer Buatan Akademi Pertahanan Nasional Korea Utara

Senin, 26 Agustus 2024 | 14:30 WIB
header img
Kim Jong Un Ikut Awasi Uji Coba Drone Militer Buatan Akademi Pertahanan Nasional Korea Utara. (Foto: KCNA/Arsip)

PYONGYANG, iNewsMedan.id - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dilaporkan ikut mengawasi uji coba pesawat nirawak (drone) militer buatan Institut Penelitian Pesawat Nirawak dari Akademi Pertahanan Nasional Korut.

Kantor berita KCNA melaporkan, dalam kesempatan itu, Kim juga memerintahkan lembaga riset itu untuk secara aktif mengembangkan dan meningkatkan produksi berbagai jenis drone. Dikatakan bahwa pengujian pesawat nirawak tersebut berlangsung pada Sabtu (24/8/2024) lalu. Kim didampingi oleh para pejabat senior Komite Sentral Partai Pekerja Korea di lokasi uji coba. 

Menurut KCNA, sejumlah drone dengan jangkauan yang berbeda dirancang untuk menyerang target musuh di darat dan di laut. Dalam pengujiannya, berbagai jenis drone terbang di sepanjang rute yang telah ditentukan sebelumnya. 

“Mereka secara akurat mengenali target yang ditentukan dan menghancurkannya,” kata kantor berita itu dalam laporannya.

Kim pun menyatakan kepuasannya dengan karakteristik taktis dan teknis drone baru tersebut. Dia pun menekankan perlunya meningkatkan intensitas pengujian tempur agar pesawat nirawak tersebut dapat segera dioperasikan.

Pemimpin Korut itu mencatat, berdasarkan pengalaman tempur dan tren militer, pengembangan berbagai jenis drone dewasa ini serta peningkatan karakteristiknya menempati bagian penting dalam persiapan perang.

“Kita perlu secara aktif mengembangkan dan meningkatkan produksi tidak hanya pesawat nirawak pengintai strategis dan pesawat nirawak serang multiguna, tetapi juga berbagai pesawat nirawak bunuh diri (kamikaze) untuk unit infanteri taktis dan pasukan khusus,” kata Kim.

Dia mengatakan, Korut harus mengembangkan secara berkelanjutan semua jenis senjata untuk menghadapi tantangan saat ini. Tidak saja senjata strategis bawah laut (termasuk torpedo nuklir), tetapi juga drone serang kamikaze bawah laut. Korut juga harus secara aktif memperkenalkan teknologi kecerdasan buatan ke dalam pengembangannya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut