get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Medan, One Royal Club Hadirkan Fitness Club Berbasis Komunitas bagi Pecinta Olahraga

Momen Kim Jong Un Pantau Uji Coba Roket Artileri Terbaru Korut

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:00 WIB
header img
Momen Kim Jong Un Pantau Uji Coba Roket Artileri Terbaru Korut. (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNewsMedan.id - Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, memantau uji coba senjata artileri, yakni peluncur roket terbaru, Jumat (10/5/2024).

Kantor berita Korut KCNA, Sabtu (11/5/2024), melaporkan Kim mengecek versi sistem peluncur roket ganda 240 mm versi terbaru. Senjata itu sudah mengalami peningkatan kemampuan dari versi sebelumnya.

Selain itu beberapa artileri produksi berbagai perusahaan industri pertahanan Korut juga diujui coba.

“Peluncur roket ganda mobilitas tinggi yang telah diperbarui ... memiliki sistem kendali gabungan tembakan otomatis dan akan dikerahkan ke unit Tentara Rakyat Korea sebagai alat tempur pengganti dari 2024 hingga 2026,” demikian laporan KCNA

Disebutkan pula perubahan signifikan terhadap sistem artileri Korut tersebut akan berdampak pada peningkatan kemampuan tempur tentara.

Kim pada bulan lalu juga meninjau uji coba peluncuran roket ganda 240 mm. Saat itu dia mengatakan, sistem peluncuran roket ganda 240 mm akan memberkan perubahan strategis dalam memperkuat kemampuan artileri Korut.

Negara itu mengandalkan roket-roket artilerinya jika terjadi pertempuran jarak dekat dengan Korea Selatan di perbatasa. Sebelumnya Korut beberapa kali menggelar latihan penembakan artileri ke arah laut perbatasan kedua negara. Latihan itu sempat memicu kepanikan Korsel dan mengevakuasi warganya yang tinggal di pulau-pulau perbatasan.

Di samping itu Korut terus meningkatkan kemampuan serangan jarak jauh yakni dengan rudal-rudal balistik antarbenua (ICBM).

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut