get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumut Tangkap Komplotan Hipnotis Antar Provinsi

1.188 Kendaraan Disiapkan untuk Transportasi Para Kontingen PON XXI 2024 di Wilayah Sumut

Selasa, 30 Juli 2024 | 16:45 WIB
header img
1.188 Kendaraan Disiapkan untuk Transportasi Para Kontingen PON XXI 2024 di Wilayah Sumut. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id - Jelang pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Sumut-Aceh yang akan berlangsung pada September mendatang. Dinas Perhubungan Pemprov Sumut menyiapkan 1.188 kendaraan untuk para atlet yang akan bertanding di wilayah Sumut.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus mengatakan bahwa menjelang pelaksana PON nantinya, pihaknya akan menyiapkan kendaraan sebanyak 949 unit ditambah dengan bantuan dari Kementrian Perhubungan sebanyak 239 unit kendaraan. Nantinya, kendaraan itu juga disiapkan di Bandara Kualanamu Internasional Airport untuk menjemput para atlet yang akan datang ke Sumut.

"Terkait penjemputan atlet di bandara dan kami terus melakukan Rakor dengan PB PON kita sudah menyiapkan 949 unit kendaraan tambah 239 unit bantuan dari Kementrian Perhubungan," kata Kadishub didampingi Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji Ediyanto usai Rakor di Aula Raja Inal Siregar Pemprov Sumut, Selasa (30/7/2024).

Agustinus juga menjelaskan bahwa nantinya mereka akan menyiapkan manajemen plat untuk menyiapkan operasional kendaraan tersebut akan bisa dimonitor sesuai dengan bidang pertandingan para atlet.

"Kami juga sudah menyiapkan manajemen plat untuk menyiapkan operasional kendaraan dan kami bisa kontrol semua unit yang kami gunakan dan sudah kami ploting sesuai dengan jadwal pertandingan yang sudah kami terima dari bidang pertandingan," jelasnya.

"Jadi, pada prinsipnya mereka yang unscdhule sudah kami ploting jumlah-jumlah unitnya seperti bus dan mobil penumpang. Kalau ada permintaan di luar schedule kami juga telah menyiapkannnya," terang Kadishub.

Terkait bantuan kendaraan dari Kementerian Perhubungan kata Agustinus pihaknya masih menunggu kabar. Karena dipastikan kendaraan tersebut datang sebelum jadwal pelaksana PON nantinya.

"Untuk bantuan kendaraan yang dari Kementerian Perhubungan kami masih menunggu, karena mereka akan mengirim pada saat 8 September sampai 20 September 2024. Kami berharap sebelum tanggal itu," ucapnya.

Untuk di Sumut, ada 10 wilayah yang nantinya menjadi tempat pelaksanaan PON XXI 2024. Para atlet nantinya akan tersebar di wilayah itu. Oleh sebab itu, Kata Kadishub kendaraan untuk para atlet harus sudah disiapkan demi kelencaran kegiatan itu.

"10 wilayah tersebut antara lain Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Binjai, Langkat, Karo, Pematang Siantar, Simalungun, Toba dan Samosir," terangnya.

Agustinus menambahkan bahwa 10 wilayah kabupaten/kota yang masuk dalam pemetaan mereka itu menjadi konsentrasi khususnya bukan hanya dari lokasi veneu ke hotel tapi juga ke lokasi lain yang nantinya dikunjungi oleh para pengunjung atau penonton pada masa PON.

"Di lokasi-lokasi yang menjadi tempat penyelenggaraan itu nantinya kita sudah siapkan kendaraan untuk para atlet. Baik dari tempat menginap maupun untuk tempat menuju venue para atlet kita siapkan kendaraan mereka," tandas Kadishub.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut