get app
inews
Aa Read Next : Sofyan Tan : Saya Seperti Kena Guna-Guna di Samosir 

BISAFest, Sofyan Tan Bahas Keunikan Filosofi Budaya Karo

Rabu, 24 Juli 2024 | 09:25 WIB
header img
Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan tak memungkiri punya kesan mendalam dengan etnis dan budaya Karo. (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id– Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan tak memungkiri punya kesan mendalam dengan etnis dan budaya Karo. Tak heran jika dirinya dengan fasih menceritakan seluk beluk budaya Karo dari sisi filosofis pada acara BISAFest Pesona Gelar Budaya Karo di Jambur Ernala, Jalan Kapiten Purba, Medan, Selasa (23/7). 

Sofyan Tan mengatakan BISAFest kali ini diselenggarakan di ruang terbuka tanpa pendingin ruangan, berbeda dari sebelumnya yang kerap digelar di hotel. Karena jika ingin menggelar Pesona Budaya Karo maka wajib dilakukan di jambur. Jambur menurutnya punya makna filosifis yang kuat dan identik dengan etnis Karo yang terbuka.

“Budaya Karo ini adalah budaya yang terbuka, menerima berbagai suku, agama dan ras, ramah dan sangat toleran. Seperti Jambur yang terbuka ini, meski tidak ada AC tapi tetap sejuk,” ujar Politisi PDI Perjuangan itu. 

Sofyan Tan juga mengulas tentang makna filosofis rumah adat Karo yakni Siwaluh Jabu. Waluh yang artinya delapan dan jabu yakni rumah memiliki makna bahwa rumah adat Karo dihuni oleh delapan keluarga yang memiliki delapan ruangan.

Angka delapan yang dipilih menurutnya tidak jauh berbeda dengan karakter etnis Tionghoa yakni melambangkan hubungan yang tak pernah terputus. 

Karena banyaknya nilai budaya dan kearifan lokal di etnis Karo serta sifat keterbukaan dan ramahnya masyarakat Karo, tidak heran menurutnya jika lebih banyak wisatawan berkunjung ke Berastagi dan Tanah Karo daripada Danau Toba. Apalagi jika dibuka akses jalan alternatif yang bisa langsung tembus dari Medan ke Berastagi agar tidak lagi macet. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut