get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Dukung Penuh Rico-Zaki di Pilkada Medan 2024

Kahiyang Ayu Lepas 6.500 Peserta Parade Kebaya Nusantara di Medan

Minggu, 21 Juli 2024 | 17:00 WIB
header img
Kahiyang Ayu Lepas 6.500 Peserta Parade Kebaya Nusantara di Medan. (Foto: Dok Pemko Medan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu, melepas 6.500 lebih peserta Parade Kebaya Nusantara di kawasan Jalan Balai Kota Medan, Minggu (21/7/2024).

"Kebaya identitas wanita Indonesia. Kita harus bangga mengenakannya," ucap Kahiyang.

Turut hadir ibu-ibu Forkopimda Sumut dan Medan, Founder of Sri Wahyuni Foundation (SWF) Sri Wahyuni, para Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, dan segenap organisasi dan komunitas perempuan.

Kahiyang mengatakan, pemerintah telah menetapkan 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional. Kebijakan ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Kahiyang mengungkapkan kebanggaannya karena Parade Kebaya Nusantara yang digelar menyambut Hari Kebaya Nasional ini disambut antusias oleh kaum wanita.

Kahiyang mengatakan, informasi yang diterimanya dari penyelenggara, jumlah peserta Parade Kebaya Nusantara yang pertama di Medan dan diselenggarakan SWF ini sungguh luar biasa, yakni 6.500.

"Memang, kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan kebaya," ucap Kahiyang.

Parade Kebaya Nusantara di Medan ini diikuti peserta yang berasal dari berbagai kalangan, antara lain organisasi dan komunitas wanita, guru, pelajar, bahkan para selegram. Mengenakan kebaya yang berpadu dengan unsur etnis lokal ini, dengan semangat mereka mengikuti parade ini.

Mereka menebar senyum, melambaikan tangan kepada Kahiyang saat melintas. Kahiyang pun membalas melambai dengan penuh keramahan.

Ada pula barisan peserta memanfaatkan momen singkat untuk berhenti di depan Kahiyang, lalu membentuk formasi dan memberi salam hormat kepada Kahiyang.

Para selegram juga tak mau kalah. Mereka berhenti di depan Kahiyang, kemudian membuat konten untuk unggahan terbarunya.

Parade Kebaya Nusantara ini diisi oleh berbagai acara, antara lain bazar UMKM dan Lomba Fashion Show Couple. Warga tengah berolah raga di kawasan car rree day itu pun terbetot perhatiannya untuk menyaksikan perhelatan tersebut.

Founder SWF, Sri Wahyuni, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan TP PKK Medan Kahiyang Ayu yang mendukung penuh Parade Kebaya Nusantara 2024 ini. Dia juga mengucapkan terima kasih pada Tim Kebaya Nasional yang menunjuk SWF sebagai penyelenggara ini.

"Sri Wahyuni Foundation menerima dengan antusias penunjukkan itu sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian budaya," ungkapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut