get app
inews
Aa Read Next : Gelar Apel Siaga, PLN Pastikan Pasokan Listrik Andal Selama PON XXI Aceh – Sumut 2024 

Dinkes Sumut Siapkan 60 Rumah Sakit untuk Dukung PON 2024

Jum'at, 19 Juli 2024 | 10:57 WIB
header img
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si. (iNewsMedan.id/Ismail)

MEDAN, iNewsMedan.id – Menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara dan Aceh, persiapan fasilitas kesehatan dan tenaga medis terus ditingkatkan guna memastikan penanganan medis terbaik selama acara berlangsung.

Langkah-langkah ini mencakup penyesuaian Standar Operasional Prosedur (SOP), pelaksanaan simulasi, serta peningkatan peralatan medis sesuai standar. Tujuannya adalah memastikan kesiapan maksimal dalam menangani berbagai situasi medis yang mungkin terjadi selama PON berlangsung.

"Kita menyesuaikan SOP, mengadakan simulasi, dan meningkatkan peralatan rumah sakit serta kesiapan tenaga kesehatan, sehingga saat simulasi kita bisa mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada dan melakukan perbaikan," ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si, pada Kamis (18/7/2024) di Medan.

RSUP Adam Malik dan RSU Haji Medan, sebagai rumah sakit tipe A dan B, siap menjadi rujukan jika diperlukan. Berbagai kondisi medis seperti patah tulang yang memerlukan operasi atau cedera kepala yang membutuhkan pemindaian MRI akan dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang sesuai.

"Kita mempersiapkan sekitar 60 rumah sakit kabupaten/kota untuk mendukung PON. Saat ini kita sedang melakukan pemetaan dan meminta komitmen mereka sebelum melakukan MoU," jelasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut