get app
inews
Aa Read Next : Dasco Kunjungi Posko Pemenangan MBZ, Zakiyuddin Optimistis Menangkan Pilkada Medan

Bobby Nasution Belum Tuntas Cairkan Anggaran Rp82 Miliar untuk Pilkada, Ditegur  Mendagri Tito

Rabu, 10 Juli 2024 | 09:20 WIB
header img
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegur Wali Kota Medan Bobby Nasution, karena belum tuntas mencairkan dana hibah pilkada serentak di Medan. Foto: Ist

MEDAN, iNewsMedan.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegur Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. Teguran ini disebabkan oleh belum tuntasnya pencairan hibah pendanaan untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kota Medan.

Saat itu, Tito sedang memaparkan data Ditjen Bina Keuangan Daerah (data bergerak) per 8 Juli 2024 dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 wilayah Sumatra di Regale Convention Center, Jalan Adam Malik, Kota Medan, Selasa (9/7/2024).

Dalam data yang dipaparkan, terdapat daerah-daerah yang sisa anggaran untuk pilkada masih tinggi. Salah satunya adalah Kota Medan yang dipimpin oleh menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

"Sebagian ada juga yang masih besar sekali, ini saya agak khawatir, jujur saja, Langkat masih Rp37 miliar, Mandailing Natal masih Rp35 miliar, ada yang lebih besar lagi, Rp49 miliar. Nah ini Kota Medan, Pak Bobby, tapi saya yakin uangnya banyak karena PAD-nya besar, jadi entenglah," ujar Tito, Selasa (9/7/2024).

Adapun angka Rp49 miliar yang disebut Tito merupakan sisa anggaran Kota Medan untuk KPU. Tertulis jika anggaran untuk KPU Medan sebesar Rp82,16 miliar, namun yang terealisasi baru Rp32,87 miliar sehingga sisa anggaran masih Rp49,30 miliar.

"Kemudian Panwaslih hampir semuanya tidak ada yang besar, semua dipenuhi," ucapnya.

Kemudian Tito menyebut kota/kabupaten di Sumut paling cepat merealisasikan anggaran ke aparat. Dia pun lantas berkelakar kepala daerah di Sumut takut pada aparat.

"Ini rata-rata TNI, Polri, juga banyak yang sudah 0, tapi lebih banyak TNI-nya, artinya kepala daerah lebih takut pada TNI daripada Polri," ucapnya berkelakar.

Diketahui, sebelumnya Mendagri Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah segera menyalurkan anggaran Pilkada Serentak 2024.


 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut