get app
inews
Aa Read Next : Barus Gerbang Peradaban Islam di Wilayah Nusantara

Rombongan Sahabat Nabi Muhammad SAW Pernah Kunjungi Barus, Islam Masuk Pertama ke Indonesia

Minggu, 09 Juni 2024 | 20:32 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berada di Pemakaman Muslim Mahligia Barus, Tapanuli Tengah pada Maret 2017 . Foto: Dok/Setkab

MEDAN, iNewsMedan.id - Ustaz Adi Hidayat menceritakan bahwa rombongan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pernah mengunjungi Nusantara Indonesia tepatnya di Barus atau Baros, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara sebelum hijrah ke Madinah.

Hal ini diungkapkan oleh Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam sebuah dakwahnya. Ia menyampaikan hal ini tidak banyak diketahui atau jarang disebutkan dalam sejarah.

Hijrah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam dan para sahabat dari Makkah ke Madinah merupakan peristiwa bersejarah bagi umat Islam.


"Sebagian rombongan sahabat ikut dalam ekspedisi itu. Mereka singgah di Kota Baros dan menyebarkan risalah Islam di daerah Baros sampai menyebar ke wilayah Nusantara," ujar Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube Audio Dakwah, belum lama ini.

Sebelumnya, Ustaz Adi menjelaskan dalam salah satu ceramahnya bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menerima wahyu pada tahun 610 Masehi pada usia 40 tahun. Pada fase awal, selama 5 tahun pertama, Nabi berdakwah secara sembunyi-sembunyi dengan bimbingan Allah Subhanahu wa ta'ala hingga tahun 615 Masehi.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut