get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Air Terjun Jurang Pulosari di Bantul, Airnya Berwarna Biru Toska

Keunikan Air Terjun Jurang Pulosari di Bantul, Airnya Terlihat Eksotis dengan Warna Biru Toska

Minggu, 25 Februari 2024 | 11:00 WIB
header img
Air Terjun Jurang Polasari. (Foto: Instagram @ricomuller)

BANTUL, iNewsMedan.id - Terdapat air terjun cantik dan eksostis di Bantul, Yogyakarta. Hal ini pun kian melengkapi daerah yang memiliki pemandang pantai tersebut.

Objek wisata air terjun di Yogyakarta memang digemari banyak wisatawan. Salah satunya ada yang memiliki keunikan dan wajib dikunjungi adalah Air Terjun Jurang Pulosari. Air terjun yang berada di antara perbatasan Desa Sendangsari dan Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul ini menawarkan panorama keindahan alam yang memesona.

Air terjun ini memiliki tempat yang asri, udaranya segar alami dengan air biru jernih. "Air terjun Jurang Pulosari tetap mengalir di musim apa pun, hanya saja pada musim kemarau debit air yang menipis, dan menyebabkan jatuhnya aliran air terjun seperti tirai-tirai putih yang lembut. Air terjun Jurang Pulosari sebenarnya terletak di perbatasan dua desa, yaitu Desa Sendangsari dan Desa Triwidadi. Namun secara administratif terletak di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, Yogyakarta," tulis Instagram @pesonaid_travel.

Air terjun Jurang Pulosari memiliki ketinggian kurang lebih tujuh meter. Airnya terlihat eksotis dengan warna biru toska. Batu tebingnya berbentuk unik karena terbentuk dari batuan kapur. Dikarenakan air terjun ini tidak memiliki aliran air yang deras dan kolamnya dangkal. Maka siapa saja boleh berenang dan bermain air sepuasnya di bawah air terjun Jurang Pulosari.

Walaupun demikian terdapat larangan untuk melompat dari atas tebing air terjun menuju kolam karena cukup berbahaya. Air Terjun Pulosari memang tidak terlalu tinggi.

Namun demikian, di bawah aliran airnya terdapat cekungan air berwarna biru toska. Kelihatan sangat menggoda. Air Terjun Jurang Pulosari termasuk wisata yang belum banyak terjamah. Sesuai namanya, air terjun ini berada di bawah Jurang Pulosari yang memiliki medan cukup sulit.

Tapi tenang, buat menuju ke sana, warga sekitar sudah membuatkan jalan menuju ke sana. Jadi, urusan keamanan dan keselamatan, sudah cukup terjamin. Bagaimana tertarik untuk mengunjungi air terjun Jurang Pulosari?

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut