Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Sumatera berdasarkan kabupaten/kota selama periode Lebaran 2024 terjadi di:
1. Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 28%
2. Kab. Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, naik sebesar 28%
3. Kab. Serdang Berdagai, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 28%
4. Kab. Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 26%
5. Kab. Lampung Tengah, Provinsi Lampung, naik sebesar 26%
6. Kab. Lampung Utara, Provinsi Lampung, naik sebesar 25%
7. Kab. Langkat, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 25%
8. Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung, naik sebesar 23%
9. Kab. Agam, Provinsi Sumatera Barat, naik sebesar 23%
10. Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, naik sebesar 19%
Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Sumatera juga mengalami kenaikan trafik antara 25% hingga 458% seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran.
Khusus area Danau Toba yang merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas, terjadi kenaikan trafik sebesar 30% di banding hari normal. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut di sejumlah provinsi, juga mengalami kenaikan antara 38% hingga 125%.
Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Sumatera yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 185%.
Gede menambahkan, secara nasional pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%. Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%.
Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.
Editor : Chris